Rabu, 07 Jun 2017 04:41 WIB

Motor Listrik

Garansindo Ingin Pamer Motor Listrik Buatan Anak Bangsa di Milan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Gesits saat dites dari Jakarta-Bali (Foto: Istimewa/Garansindo)
Jakarta - Garansindo saat ini tengah mengembangkan motor listrik buatan anak negeri bernama Gesits. Skuter listrik itu direncanakan bakal dijual mulai tahun depan.

Tak tanggung-tanggung, Garansindo ingin membuat Gesits mendunia. Menurut CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, pihaknya merencanakan bakal membawa skuter listrik Gesits ke pameran otomotif roda dua di Milan, Italia yaitu EICMA 2017.

"Satu hal yang kita coba, Insya Allah Gesits hadir di EICMA 2017. Alangkah bangganya kalau kita bawa Gesits ke kancah international," kata pria yang akrab disapa Memet itu di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Memet mengatakan, proyek Gesits saat ini masih sesuai harapan. Harapannya, Garansindo ingin memperkenalkan Gesits versi praproduksi di semester 2 tahun 2017.

"Di 2017 semester 2 Insya Allah kita sudah bisa memperkenalkan ke publik versi final pre-production. Dan akan mulai jualan 2018 awal," ujar Memet.

Gesits yang merupakan singkatan dari Garansindo Elecric Scooter ITS merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dengan menggunakan baterai ion lithium, dapat menempuh jarak sejauh 80 - 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 - 3 jam. Dengan kecepatan maksimum dapat mencapai 100km/jam (dapat disetarakan dengan motor berbahan bakar konvensional bertenaga 125cc).


Infografis GesitsInfografis Gesits Foto: Zaki Alfarabi

Namun Gesits tidak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali sehingga kendaraan ini dapat menjadi solusi pengurangan polusi yang saat ini sudah sampai pada tahap sangat mengkhawatirkan yang menjadi problema global dunia.

Motor pada akhir 2016 lalu sudah menyelesaikan uji Jawa-Bali. Tour dilakukan untuk menguji rangkaian beberapa aspek, kapabilitas, performa dan efisiensi yang ditempuh dalam berbagai macam kondisi jalan dan cuaca yang menantang. Tour de Jawa Bali ini dilakukan oleh para Rider GESITS dari ITS yaitu Yoga Uta Nugraha, Grangsang, Filipi, Handi, Ahmad Nasrudin, Ibnu Solikin, dan Bianto bersama team Garansindo.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com