Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 11 Januari 2017, 13:25 WIB

Ini Sebabnya Penjualan Motor Turun di 2016

M Luthfi Andika - detikOto
Ini Sebabnya Penjualan Motor Turun di 2016 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Suka tidak suka angka penjualan sepeda motor di 2016 kemarin, mengalami penurunan menjadi 5.931.285 unit atau mengalami penurunan sebesar 8,5 persen.

Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata kepada detikOto menjelaskan penurunan penjualan sepeda motor dalam negeri ini bukan tanpa alasan.

"Penurunan, memang kenyataan kita pendapatan per kapita kita (Indonesia-Red). Tidak naik, daya beli tidak naik karena ekonomi kita (indonesia-Red) tidak tumbuh," kata Gunadi.

Karena menurut Gunadi, pasar roda dua di Indonesia bisa tumbuh jika ada peningkatan daya beli masyarakat Indonesia.

"Pada umumnya yang menjadi pendorong itu daya beli kita. Namun kita masih memiliki banyak kendala, seperti nilai tukar. Meski tidak secara langsung tapi ikut mempengaruhi. Kenapa tidak terpengaruhi karena kandungan lokal kita (Sepeda motor di Indonesia-Red) itu masih tinggi mencapai 98 persen," ujar Gunadi.

Namun Gunadi yakin, penjualan sepeda motor di Indonesia 2017 tidak akan mengalami penurunan atau peningkatan dibandingkan 2016 alias stagnan. Akan tetapi perekonomian Indonesia akan naik.

"Ekonomi kita akan membaik, kita mengikuti prediksi dari pemerintah, akan ada pertumbuhan mencapai 5,1 persen. Ini menggairahkan secara keseluruhan, dan ini akan berdampak pada sepeda motor. Karena bisa meningkatkan daya beli masyarakat," katanya.

Ini Sebabnya Penjualan Motor Turun di 2016Foto: Mindra Purnomo
(lth/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed