Sabtu, 12 Nov 2016 15:02 WIB

Menristekdikti Siap Kawal Gesits Menuju Proses Produksi

Prins David Saut - detikOto
Foto: Garansindo Foto: Garansindo
Denpasar - Setelah menempuh sekitar 1.500 km, motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) finish di Bali dalam kegiatan Tour de Jawa Bali. Gesits pun akan diproduksi massal setelah sejumlah regulasi diselesaikan.

"Saya sudah bicara dengan Pak Menteri Perindustrian, Pak Menteri Perhubungan dan Pak Menteri Perdagangan. Jangan sampai produk anak bangsa ini ketinggalan karena regulasi," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam acara penyambutan finish uji kapabilitas dan efisiensi Gesits, Tour de Jawa Bali, di Gedung DPRD Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (12/11/2016).

Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama turut menyambut 3 unit Gesits yang telah menempuh kira-kira 1.500 km.

"Ini yang kita jaga betul. Mudah-mudahan penelitian ini akan berkembang," ujar Nasir.

Lalu, Nasir menyinggung kendala utama dalam kegiatan penelitian di Indonesia. Menurut Nasir, penelitian seharusnya didorong maksimal dengan tidak membebankan para peneliti dengan laporan keuangan dan regulasi.

"Mudah-mudahan motor listrik ini terwujud jadi barang produksi, bukan lagi prototipe tapi industri," ucap Nasir.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika sempat menyatakan kerisauannya atas regulasi terhadap motor listrik di Indonesia. Ia pun berharap pemerintah pusat terkait bisa membuat regulasi kendaraan elektrik dalam kWh.

"Persoalan waktu untuk regulasi minimal produk ini dengan ESDM, Pekerjaan Umum, Lingkungan Hidup dan Perindustrian. Perindustrian belum tentu setuju karena ada proyek di situ," ujar Pastika.

"Kita realistis saja, siapa yang diuntungkan, itu yang mendukung," tambahnya.

Tour de Jawa Bali ini dilakukan oleh rider GESITS dari ITS yaitu Yoga Uta Nugraha, Grangsang, Filipi, Handi, Ahmad Nasrudin, Ibnu Solikin, dan Bianto bersama team Garansindo.


(vid/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.
  • Ini Dia Suzuki Jimny Model Baru

    Ini Dia Suzuki Jimny Model Baru

    Selasa, 19 Jun 2018 10:17 WIB
    Menjelang peluncuran resmi di Jepang, Suzuki merilis foto Jimny model baru di situsnya. Mobil memiliki dua varian dan akan diluncurkan bulan Juli mendatang.
  • Inikah Calon Pesaing Nmax dari Suzuki?

    Inikah Calon Pesaing Nmax dari Suzuki?

    Senin, 18 Jun 2018 19:04 WIB
    Suzuki disebut-sebut sedang menyiapkan pesaing Nmax dan PCX. Kemungkinan pesaing Nmax itu adalah Suzuki Burgman dengan mesin yang lebih kecil.
  • Warna-warni Helm Jorge Lorenzo

    Warna-warni Helm Jorge Lorenzo

    Senin, 18 Jun 2018 18:04 WIB
    Di balapan MotoGP Catalunya kemarin, Jorge Lorenzo tampil beda. Hal berbeda yang ada di Lorenzo adalah helmnya.