Tak Hanya Jakarta, Paris Juga Larang Motor Masuk Kota

- detikOto
Selasa, 10 Feb 2015 12:09 WIB
REUTERS
Paris - Larangan sepeda motor masuk ke jalan protokol ibukota, tak hanya terjadi di Jakarta saja, tetapi juga di ibukota Prancis, Paris. Pemerintah kota Paris bakal melarang motor yang dibuat sebelum tahun 2000 masuk ke kota dengan alasan mengurangi polusi.

Seperti dilansir Autoevolution, Selasa (10/2/2015), Walikota Paris, Anne Hidalgo, saat ini tengah berjuang keras untuk meloloskan Rancangan Undang-undang larangan motor masuk ke kotanya.

Motor yang diperbolehkan berkeliaran kota Paris hanya motor anyar saja atau motor keluaran 2000 ke atas. Dia juga bakal melarang mobil-mobil yang diproduksi sebelum 1996 masuk ke Paris.

Tak pelak kebijakan wanita keturunan Spanyol itu menyulut protes dari para pemotor. Organisasi French Federation of Angry Bikers yang merupakan organisasi yang memperjuangkan hak-hak pemotor langsung melayangkan keberatan dan mengadakan demo beberapa hari lalu. Mereka membawa poster bertulisan ‘Je suis biker atau ‘Je suis motard’.

Terlebih, rencana kebijakan walikota itu tak dibarengi dengan rencana penambahan sarana transportasi umum, seperti bus. Padahal, publik sangat berharap ada tambahan angkutan itu, terutama di saat jam-jam sibuk. Apalagi motor memiliki emisi yang lebih rendah dibanding mobil. Kota-kota lain di Eropa juga tidak memasukkan motor sebagai kendaraan yang dilarang.

Sehingga, tak heran, jika masyarakat menilai pemerintah kota telah salah menafsirkan hasil studi tentang polusi. Apalagi melarang motor masuk ke jalanan ibukota.



(arf/ddn)