Kamis, 29 Jan 2015 19:07 WIB

Bos Yamaha: Tahun Ini Bakal Banyak Motor Baru!

- detikOto
Yamaha NMAX
Jakarta - Yamaha sudah siap menyerbu pasar roda dua nasional dengan motor-motor baru. Hal ini sebagai kado ultah 60 tahun Yamaha.

“Tahun 2014 adalah tahap persiapan untuk rencana lebih besar di 2015. Kita akan meluncurkan banyak produk baru di market. Salah satunya yang akan membawa pada kesuksesan adalah teknologi Blue Core,” ujar Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Yoichiro Kojima.

Dia menambahka semua model matik di kawasan ASEAN akan berteknologi Blue Core. Tepat 23 Januari lalu, Yamaha memperkenalkan motor Blue Core kedua yang dikembangkan dengan mesin 150 cc liquid-cooled.

“Inilah yang terdapat pada NMAX, yang pertama kali diperlihatkan di Jakarta ini,” papar Yanagi.

Sebelum NMAX, Yamaha sudah merilis facelift motor-motor seperti Xeon RC, GT125 Eagle Eye, dan Jupiter Z1.

Mengenai ulang tahun ke-60 Yamaha sendiri akan jatuh tepat pada 1 Juli mendatang. Yamaha Motor Company (YMC) pertama kali didirikan oleh Genichi Kawakami yang sekaligus menjadi Presiden Direktur pertama.

Produk pertamanya adalah motor YA-1 125 cc yang lahir di tahun 1955. Bisnisnya diperluas antara lain di tahun 1960 di Amerika Serikat dengan berdirinya Yamaha International Corporation (YIC).

Dan delapan tahun kemudian giliran ke Eropa dengan anak perusahaan Yamaha Motor Europe N.V (YME) di Belanda.

Di tahun 1970 Yamaha berdiri di Amerika Selatan, tepatnya di Brasil dengan nama Yamaha Motor do Brasil Ltda dan di tahun 1973 Yamaha Motor Canada Limited berdiri. Sampai akhirnya hadir di Indonesia di bawah bendera PT YIMM. Lalu Yamaha Motor Australia Pty.Ltd (YMA) muncul di 1983.

Kantor pusat YMC terletak di Iwata Shizuoka, Jepang. Tercatat hingga Desember 2013 mempekerjakan 53.382 karyawan. Bisnis penjualannya tersebar di seluruh dunia dimana untuk Asia hampir setengahnya memberikan kontribusi penjualan terbesar.

Yamaha Motor memiliki dua bidang utama teknologi yaitu teknologi mesin kecil yang berasal dari pengembangan sepeda motor, dan teknologi proses FRP berasal dari boat manufacture.

Line up produk YMC adalah motor, commuter vehicle, recreational vehicle, boats, marine engine, personal watercraft, electrically power assisted bicycles, automobile engines, unmanned system, golf cars, power products, intelligent machinery, pools, wheelchairs, dan parts (accessories).

YMC ekspansi bisnis di luar Jepang sejak tahun 1960. Saat ini produknya sudah terjual di lebih dari 200 negara dan region, 89,5% penjualan bersihnya diperoleh dari luar Jepang.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com