Selasa, 16 Sep 2014 13:38 WIB

Tim Viar Jelajah Indonesia Garuk Tanah di Aceh

- detikOto
Jakarta -

Hari Sabtu, tanggal 13 September 2014 bertepatan dengan touring Viar Jelajah Indonesia (VJI) dari Sabang ke Banda Aceh, VJI menyempatkan diri untuk ikut berpartisipasi dalam acara ADB ke-3 yaitu event Trail Adventure skala Nasional di Aceh.

Acara ini dilepas oleh Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal di depan Masjid Raya Baiturrahman sekaligus melepas team Touring Viar Jelajah Indonesia dari kota Banda Aceh menuju Medan.

Acara ADB yang ke-3 kali ini diselenggarakan selama 2 hari tanggal 13 hingga 14 September 2014. Kegiatan ini merupakan ajang promosi wisata dan budaya Aceh, khususnya Kota Banda Aceh yang memiliki pesona keindahan alam yang elok dan menawan.

Berdasarkan penjelasan oleh Z. Karmadi alias Jack sebagai Kordinator Panitia, even ini diikuti oleh 295 peserta yang mana sudah melebihi target sebelumnya yaitu 250 peserta, dengan animo peserta yang cukup tinggi ini diharapkan dapat menambah kemeriahkan acara ADB ke 3 ini.

Selain itu, event ini merupakan event yang lebih menantang dan unik dari acara-acara sebelumnya, dimana ratusan pemotor /motor trail dari berbagai daerah di Indonesia unjuk kebolehan.

Bukan sekadar event kompetisi, juga merupakan perjalananan berkendara motor trail dalam rangka berwisata alam dan juga silaturrahmi (antar) penyuka olahraga ‘garuk tanah’ di Indonesia.

Peserta memulai start di Banda Aceh, kemudian akan menjelajahi trek seputar pinggiran kota. Dalam Dirt Bike kali ini, 60 persen jalur atau trek yang digunakan berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni lebih menantang., pada jalur tertentu, skill dan kemampuan kendaraan sangat dibutuhkan untuk dapat melintasinya. Sensasi petualangan sesungguhnya bisa dirasakan pada jalur yang telah di petakan dalam event ini.

"Agar lebih lebih menyatu dengan alam, penginapan peserta pada ADB 3 ini akan disiapkan penginapan tenda dan fallbed di pinggiran sungai pentagon," ujarnya.

Ada dua katagori yang diadu dalam even ini; professional dan amatir. Pada jalur professional, lanjut dia, sangat dibutuhkan skill dan kemampuan unit motor yang mumpuni, untuk dapat merasakan sensasi dalam menikmati berbeda.

Panitia menyiapkan dua alternatif jalur pada tempat-tempat tertentu baik untuk professional maupun amatir. Hal ini dibuat guna peserta dapat memilih jalur yang sesuai dengan kemampuan berkendara motor trail, juga sesuai dengan kemampuan unit yang digunakan.

Namun tim Viar Jelajah Indonesia kali ini hanya mengikuti event hari pertama even ADB ke-3 saja karena harus melanjutkan rute jelajah berikutnya ke arah Kota Takengon, dan bermalam di Takengon. Keesokan harinya kami melanjutkan touring ke daerah Blankejeren-Kutacane dan Danau Toba. Ikuti juga perjalanan tim Viar di sini

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com