Minggu, 11 Mei 2014 12:00 WIB

Oli Evalube Aman Hingga 6.000 Km

- detikOto
Jakarta - Salah satu merek pelumas Evalube, membuktikan kualitas dan kehandalannya dengan meraih sertifikasi 'Road Test 6.000 km'.

Untuk mendapat sertifikasi tersebut, merek pelumas yang diproduksi oleh PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) ini melaksanakan serangkaian pengujian dan perbandingan kinerja pelumas antara EVALUBE 2W (Evalube 4T Pro, Evalube Scootic HX & YX) dengan pelumas lain yang setara dalam operasi di jalan raya dengan kondisi lalu lintas sehari-hari, sekaligus mengevaluasi pengaruh kinerja pelumas tersebut terhadap komponen mesin kendaraan.

Ada 15 motor yang terdiri dari (5 motor matic Yamaha, 5 motor Honda Vario Techno dan 5 motor Honda CBR) dengan kondisi standard keluaran tahun 2014 yang ikut serta dalam pengujian tersebut.

Untuk mengetesnya, motor-motor ini dipacu selama 15 hari non stop, menempuh 6.000 km, yang menempuh rute starting: Khatulistiwa Suryanusa Pramuka Jakarta-Pulogadung-Bekasi Raya-Bekasi-Karawang-Cikampek - Purwakarta - Cikalong - Padalarang - Cimahi - Cimindi-Pasteur-Tamansari- Kampus ITB Bandung –Tol Pasteur Bandung – Cileunyi – Cikampek - Karawang– lalu kembali dengan rute yang sama- dan berakhir di Cibitung.

Pengujian ini telah melibatkan 37 personil mencakup 2 pengawas, 1 koordinator rider, 1 teknisi, 30 pengendara, dan 2 managemen. 15 Pengendara mengendarai kendaraan bergantian setiap tiga etape sekali dengan jarak tempuh 400 km/hari. Setelah melalui proses analisa dari tim LAPI ITB hasilnya membuktikan bahwa pelumas EVALUBE 2W (Evalube 4T Pro, Evalube Scootic HX & YX) aman digunakan hingga 6.000 km.

Penentuan jarak tempuh aman ini setelah melalui analisis fisika maupun kimia pelumas bekasnya serta analisis keausan logam dari mesin serta setelah mesin motor tersebut dibongkar untuk melihat hasil pelumasan EVALUBE 2W.

Dari analisa ini terbukti bahwa performance Evalube 4T Pro, Evalube Scootic HX dan YX terbukti membuat mesin motor hemat bahan bakar, mampu meningkatkan power serta merawat mesin dari berbagai gesekan dan membuat suhu mesin lebih stabil tak mudah panas bila dibandingkan dengan kompetitor yang merupakan market leader dimasing-masing segmen.

"Selain telah lulus uji jalan sejauh 6.000 km karena tidak ditemukan adanya kerusakan mesin, yang tidak kalah penting juga bahwa pelumas Evalube 2W (Evalube 4T Pro, Evalube Scootic HX & YX) secara keseluruhan lebih irit bahan bakar. Diharapkan dengan hasil ini, produk Evalube 2 W (Evalube 4T Pro, Evalube Scootic HX & YX) dapat menjadi solusi nyata bagi penghematan bahan bakar dan perawatan mesin kendaraan," kata Erwan Bambang Kresna, Technical Support Manager PT WGI di Jakarta, Minggu (11/5/2015)..

Evalube Scootic HX Synthetic Oil 10W-30 sendiri adalah pelumas dengan kekentalan ganda (multigrade) yang digunakan untuk motor 4 langkah matic dengan kualitas tinggi. Terbuat dari base oil sintetik berkualitas tinggi yang menggunakan aditif Molydenum Dithiocarbomate yang mampu mengurangi friksi pada temperatur dan putaran tinggi, dengan viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas, irit bahan bakar serta mudah dinyalakan pada kondisi mesin dingin.

Dengan teknologi Veltec mampu mencegah korosi dan keausan sehingga memperpanjang umur mesin, selain itu pelumas ini menjadikan temperatur mesin lebih stabil. Evalube Scootic HX dengan varian 0.8 liter telah memenuhi persyaratan API SL dan JASO MB yang direkomendasikan sebagai minyak pelumas mesin motor automatic/matic ,sangat tepat untuk digunakan pada motor matik khususnya merk Honda dan motor matik lainnya. Sementara Evalube Scootic YX dibuat untuk skuter Yamaha.

Sementara Evalube 4T Pro adalah oli sepeda motor berbahan dasar sintetik yang tepat untuk mesin kendaraan para pengendara sepeda motor 4T masa kini, dalam segala kondisi berkendara.

Dibuat dari bahan dasar berkualitas tinggi dan campuran aditif terbaik di kelasnya yang digaransi oleh Laboratorium kelas dunia dan bersertifikat ISO 17025. Evalube 4T Pro telah memenuhi standar API Service SL dan JASO MA yang sangat baik untuk memperkecil terjadinya selip pada kopling dan mencegah gesekan pada ring piston. Tingkat kekentalan ganda produk ini adalah SAE 10W-30, menjadikan temperature mesin lebih stabil sehingga tahan terhadap segala perubahan suhu udara. Semua merek kendaraan roda dua 4T cocok menggunakan oli ini.



(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com