Jumat, 12 Jun 2015 10:39 WIB

Honda RC213V-S Hanya 1 Unit di Indonesia, untuk Siapa?

Aditya Maulana - detikOto
Denpasar -

Kabar baik bagi Anda pecinta motor Honda. Sebab, produsen sepeda motor asal Jepang itu akhirnya meluncurkan RC213V-S. Versi jalan raya motor sport MotoGP itu menggendong mesin RC213V yang digunakan Honda dalam balapan MotoGP.

Ketika beberapa media otomotif nasional termasuk detikOto bertanya kepada President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma di sela-sela acara touring Big Bike Honda di Bali. Pria adal Jepang itu tidak menampik kehadiran motor tersebut.

"Untuk Indonesia motor tersebut (RC213V-S) hanya akan ada 1 unit saja dan tidak akan dijual untuk umum," ujar Inuma di Denpasar, Bali, Kamis malam.

Versi jalan raya motor sport MotoGP itu lanjut Inuma, di dunia hanya akan diproduksi sebanyak 213 unit dan Indonesia akan mendapatkan jatah 1 unit saja. Nantinya motor tersebut tidak akan dijual untuk umum, tapi akan digunakan untuk kebutuhan acara pihak internal AHM.

"Hanya untuk acara-acara tertentu saja, seperti pameran dan kegiatan lainnya," tegasnya.

Jika dijual di Indonesia juga kata Inuma harganya akan sangat tinggi sekali, mengingat motor itu akan kena pajak barang mewah (PPnBM) yang sudah diatur oleh pemerintah Indonesia.

"Nanti kalau ada yang tertarik untuk membeli kita belum tahu. Tapi di Indonesia itu barang semahal apa saja akan ada yang beli, kita lihat saja nanti karena kita sekarang belum mengetahuinya," bebernya.

Honda sendiri akan menjual motor tersebut dibeberapa negara seperti di Jepang, Australia, Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Motor dijual seharga 188.000 euro di Jerman (Rp 2,8 miliar), 21,9 juta yen di Jepang (Rp 2,4 miliar, A$ 244.000 di Australia (Rp 2,5 miliar), dan US$ 184.000 di Amerika (Rp 2,451 miliar).





(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com