Jumat, 22 Mei 2020 17:39 WIB

Ketika Ferrari Menjadi Mobil Limosin untuk Orang Miskin

Rizki Pratama - detikOto
Limosin tercepat di dunia Ferrari jadi limosin tercepat dunia Foto: autoevolution
Jakarta -

Bicara limosin biasanya orang akan mengingat sedan mewah yang digunakan oleh selebritas atau pejabat tinggi. Jenis sedan yang elegan pun cenderung menjadi pilihan untuk menambahkan setiap baris penumpang agar mobil menjadi lebih panjang.

Namun, bagaimana mobil limosin dibuat dari jenis mobil sport yang biasanya berlari kencang di atas aspal? Beberapa pembuat limosin di Dubai, Inggris, Australia dan Amerika ini menggunakan Ferrari sebagai basisnya dan tersedia untuk disewa.

Uniknya lagi Ferrari limo dari negara berbeda ini memiliki kesamaan pada modelnya, yaitu Ferrari Modena 360 tahun 2003. Kesamaan lainnya adalah mesin V8 dipertahankan untuk menarik mobil yang panjangnya menjadi minimal 6 meter ini.

Dari semua pembuat dan penyewaan limo tercepat di dunia ini ada nama Dan Cawley dan ahli serat karbon, Chris Wright dari Inggris pada tahun 2007. Mobil yang panjangnya mencapai 7 meter itu aslinya dibangun dengan biaya 20o ribu poundsterling atau sekitar Rp 3,6 miliar. Menariknya lagi harga Ferrari Modena 360 itu hanya seperempat dari total biaya tersebut.

Sekali lagi, ini bukan limosin yang biasa. Tampilan luar selain wajah super car memang tak jauh berbeda dengan limo lain. Tujuan Ferrari ini disulap menjadi limo dikatakan Cawley supaya ada banyak orang tidak mampu bisa mencicipi naik super car. Oleh karena itu bagian kabin tidak semewah limo pada umumnya, namun biaya sewa sangat murah dan dapat digunakan bersama teman atau keluarga.

Untuk membuatnya lebih panjang, mobil ini dipotong di tengah dan diisi dengan sambungan serta karbon. Penambahan panjang ini hanya menambah berat sekitar 160 kg yang mana tidak memberikan pengaruh yang sangat berarti untuk mesin asli mobil itu.

Limosin tercepat di duniaLimosin tercepat di dunia Foto: autoevolution

Dengan tambahan panjang dan bobot itu limosin ini masih dapat mencapai kecepatan maksimum 267 kpj. Dari diam hingga mencapai 100 kpj dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 6 detik. Operasional dan fungsi mobil tidak banyak berubah pula sehingga tidak ada yang berbeda dengan mengendarai mobil aslinya. Setidaknya yang perlu diperhatikan adalah dimensi mobil sudah memanjang.

Limosin ini dapat menampung delapan penumpang yang dapat duduk di kursi balap serat karbon dengan sabuk pengaman. Tidak ada mini-bar karena memang tujuan limo ini bukan untuk kemewahan. Penumpang juga dapat merasakan pengalaman berkendara dengan melihat video langsung yang diputar di layar monitor. Fasilitas hiburan lain juga mencakup menonton film lewat DVD atau musik dari sistem surround enam speaker.

Seiring dengan mencuatnya limo ini di permukaan, Ferrari muncul dan menuntut Cawley. Ferrari meminta Cawley untuk mencopot semua logo dan emblem Ferrari dari mobil karena dianggap melanggar hak cipta.

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak Ferrari limosin di belahan dunia lainnya misalnya, limusin Modena 360 berwarna kuning di Amerika Serikat tahun 2017. Dengan tempat duduk tujuh penumpang, Ferrari limo ini datang dengan pintu suicide seperti limo pada ummumnya. Limo Ferrari ini benar-benar menawarkan kesenangan dan kemewahan. Ada lampu pesta dan dibanjiri laya plasma di dalam kabinnya. Mobil ini dijual dan dapat disewa pula.

Di Australia ada limo Ferrari merah dan juga mempertahankan mesin aslinya. Bedanya ini lebih lambat dan berat tetapi memiliki fasilitas kabin yang lebih mewah. Dengan Ferrari limo pertama, bobot Ferrari limo di Australia ini bertambah 1.100 kg.

Ferrari limo di Australia ini berkapasitas 8 penumpang. Pintu masuk dari pintu berbentuk sayap yang mengepak ke atas. Di dalamnya ada sejumlah layar, lampu warna warni, AC dan full stereo untuk sistem audionya. Ferrari limo satu ini bisa dikatakan sama seperti diskotik berjalan.



Simak Video "Ferrari Pastikan 8 Mei Produksi Kembali Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com