Senin, 10 Feb 2020 15:21 WIB

Modifikasi Sultan, Oprek Vario 150 Habis Rp 50 Juta!

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi mewah Vario 150, habiskan biaya lebih dari Rp 50 Juta Modifikasi mewah Vario 150, habiskan biaya lebih dari Rp 50 Juta.Foto: News Zing
Jakarta -

Honda Vario 150 jadi salah skutik yang gampang dimodifikasi. Alasannya karena motor ini cukup laris di pasaran, sehingga banyak pembuat part aftermarket memproduksi aksesoris untuk Vario 150. Ingin modifikasi dengan budget seadanya hingga modifikasi dengan komponen mahal berharga puluhan juta rupiah pun bisa. Contohnya seperti modifikasi Vario 150 asal Vietnam yang menghabiskan biaya hingga lebih dari Rp 50 juta.

Seorang biker dari kota Ho Chi Minh, Vietnam, memodifikasi tunggangannya Vario 150 lansiran 2017 dengan suntikan aksesoris berharga mahal yang kerap digunakan pada motor gede (bigbike). Seperti apa detail modifikasinya?

Dari sisi desain bodi, tak banyak yang diubah. Si pemilik hanya mengubah komponen bodi bawaan dengan penambahan aksen karbon, mulai cover kepala, mudguard, cover CVT, cover knalpot, cover panel depan, hingga sepatbor depan dan belakang.

Geser ke bagian pengereman, tuas rem Brembo Corsacota 19 disematkan di bagian depan dan Brembo Kohken di bagian belakang. Lalu untuk saklarnya menggunakan merek Daytona, tabung minyak rem AEM, spion CRG, dan cover setang Spider.

Modifikasi mewah Vario 150, habiskan biaya lebih dari Rp 50 JutaModifikasi mewah Vario 150, habiskan biaya lebih dari Rp 50 Juta Foto: News Zing

Untuk meningkatkan handling, power steering Matris SDR juga disematkan. Dan pada bagian kunci kontak dirombak dari sistem mekanis diganti menjadi Smart Key.

Bagian pengereman ditingkatkan dengan kaliper rem Brembo dan piringan cakram Braketech Cobra MX. Lalu untuk suspensi depan menggunakan besutan LCM dan peleknya menggunakan pelek aluminium 8 palang, lansiran Racing Boy. Sayangnya, diameter ban masih standar. Kalau dibikin lebih besar pasti lebih kelihatan keren ya, detikers.

Nah, salah satu part paling mahal dalam modifikasi ini ada di bagian suspensi belakangnya. Memang bukan merek Ohlins atau Nitron, namun suspensi Matris yang disematkan juga punya harga mahal mencapai VND 20 juta atau setara Rp 11,7 juta.

Lantas berapa biaya yang dihabiskan untuk modifikasi Vario 150 tersebut? Ternyata cukup mahal, mencapai VND 100 juta atau setara Rp 58,7 juta.

Modifikasi mewah Vario 150, habiskan biaya lebih dari Rp 50 JutaModifikasi mewah Vario 150, habiskan biaya lebih dari Rp 50 Juta Foto: News Zing


Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com