Minggu, 12 Mei 2019 07:42 WIB

Ketika Bentley Dimodif Jadi Tank

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (Motor1) Foto: Pool (Motor1)
Jakarta - Sekelompok orang Rusia telah melakukan proyek modifikasi yang tidak biasa, yaitu menciptakan Bentley Continental GT berkaki tank. Mobil mewah tersebut tak lagi melaju di atas 4 ban melainkan menggunakan sistem penggerak tank atau dikenal dengan roda rantai.

Modifikasi Bentley ini dinamai dengan Ultratank yang mampu menerabas segala jenis medan. Meskipun masih dalam proses, sejauh ini mobil tersebut menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi saat diuji pertama kali.



Perubahan paling signifikan jelas sekali terlihat dari kaki-kaki yang sudah dipasangi rangka tubular tambahan serta roda-roda kecil untuk memutar roda rantai. Di antara roda-roda kecil itu pun dipasangi 4 suspensi tambahan.

Masalah utama ketegangan roda rantai berbahan karet yang tidak sesuai pada tapaknya. Hal ini menyebabkan tapak karet tersebut beberapa kali lepas dari sumbu penggeraknya saat melakukan tikungan tajam. Bahkan ketika terlepas pun tampaknya memasang kembali karet tersebut menjadi tugas yang sangat sulit.

Untuk performanya Ultratank ini akan melakukan perubahan pada powertrainnya. Tim modifikasi itu ingin Ultratank dapat mencapai kecepatan 100kpj yang mana saat ini baru mampu mencapai 50kpj. Bentley ini tidak lagi menggendong mesin W12 melainkan sudah mengadopsi mesin Audi V8.



Dengan perubahan pada kaki-kaki tersebut ground clearance dari sedan mewah ini menjadi sangat lega. Selain masalah roda rantai dan performa mesin, kekurangan lain dari Ultratank ini adalah tidak ada pintu sehingga objek-objek tidak diinginkan dari luar dapat dengan mudah masuk. Pedal rem pun belum dapat difungsikan.

[Gambas:Youtube]

(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com