Senin, 04 Des 2017 16:07 WIB

Tampang Renta, Mobil ini Masih Berfungsi Baik Lho

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Crown Eight 1957. Foto: Ruly Kurniawan Toyota Crown Eight 1957. Foto: Ruly Kurniawan
Bekasi - Salah satu mobil retro terbaik milik Toyota yakni Toyota Crown sudah jarang sekali dilihat di jalanan kota. Apalagi generasi pertama hingga ketiganya yang hanya dikeluarkan pada tahun 1955-1971.

Memiliki 25 lebih mobil tua bergaya klasik dan retro yang tersimpan di garasinya, Kedai Built Up ternyata punya mobil yang sangat tua, yakni Toyota Crown Eight. Mobil lansiran 1957 tersebut terurus rapi oleh pemiliknya, Helmie.



"Ini saya urus dengan hati-hati karena sudah tua sekali. Kemarin baru selesai dicat nih," katanya kepada detikOto di markasnya, Kedai Built Up, Bekasi, beberapa waktu lalu.

Termasuk sulit untuk mencari suku cadangnya, mobil retro empat pintu tersebut masih terbilang orisinil. Hal tersebut dikarenakan bagian eksterior, kelengkapan, hingga mesinnya masih milik Toyota Crown Eight aslinya.



"Pergantian paling di bagian jok, velg, dan beberapa interior saja. Karena kan itu rentan ya apalagi mobil tua," kata Helmie.

Masih menggendong mesin 2.6L (2.599 cc) V8, mobil tersebut sudah dibekali air conditioner (AC) oleh Helmie. Meski cukup berdebu, ternyata segala fungsinya masih berjalan dengan mulus, lho. Seperti transmisi, wiper, AC, audio, dan kelistrikan lainnya.



Untuk menambah kegagahan tanpa menghilangkan sisi retronya, Helmie hanya menambah bagian kecil saja di eksteriornya yakni tempat menaruh koper di bagian atap.

"Saya nggak mau modif macem-macem. Tampang original aja, udah cakep banget. Biar aura retro dan klasiknya tidak hilang," kata Helmie.

"Kemarin sempat sulit sih cari partnya. Setelah beberapa kali cari dan akhirnya dapat di Malaysia dan Singapura," tutup dirinya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed