Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 08 September 2017, 08:04 WIB

Modifikasi Mobil Harus Hati-hati, Umur Komponen Biasanya Jadi Pendek

Ruly Kurniawan - detikOto
Modifikasi Mobil Harus Hati-hati, Umur Komponen Biasanya Jadi Pendek Mobil Jazz dan Brio yang dimodifikasi (Foto: Dina Rayanti)
Jakarta - Agar beda dari yang lain, pengguna mobil acap kali melakukan berbagai modifikasi di kendaraan. Tapi bagi Otolovers yang suka melakukan hal ini harus siap dengan berbagai konsekuensinya ya.

Menurut Manager Honda Megatama Kalimalang, Arif Dedy saat ditemui oleh detikOto di kawasan Kalimalang, Jakarta, meminta pengguna mobil untuk hati-hati dalam memodifikasi karena komponen yang telah dilakukan modifikasi akan mengalami kerusakan yang lebih cepat.

"Misalkan dari pelek yang standarnya itu 15, dinaikkan menjadi 16 atau 17. Nah pasti salah satu komponennya akan cepat rusak entah ban ataupun bearingnya. Yang mulanya bearing dapat bertahan sampai sekian tahun, umurnya jadi terpangkas karena modifikasi itu," papar Arif.

Selain itu, Arif menambahkan bagian kelistrikan mobil saat melakukan penambahan aksesori atau modifikasi harus diperhatikan. "Bila ingin menambah aksesoris seperti audio, lampu, modifikasi klakson, dan sebagainya yang mengikutsertakan kelistrikan harus diperhatikan betul tuh. Karena apabila solasi kabel tidak solid, akibatnya fatal," katanya.

"Harus diperhatikan beban aliran listrik nya nanti sebesar apa, jangan sampai terlalu melebihi standar. Karena bila terlalu besar, kabel akan panas dan lama-kelamaan karena sifatnya plastik, isolasi, akhirnya meleleh. Sehingga bila tertempel dengan besi seperti bodi atau mesin mobil, akan terjadi short," tambah Arif.

Arif juga menghimbau agar menggunakan produk dengan kualitas yang baik serta dapat dipertanggungjawabkan. "Lebih baiknya sih, jangan lakukan modifikasi yang mengarah ke elektrikal. Ganti kulit jok dan penambahan bodi kit saja, agar mobil peformanya tetap terjaga dan juga aman dan pegang sendiri ya dampaknya nanti," tutup Arif. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed