Mau Modifikasi Royal Enfield Meteor 350? Ini Contohnya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 23 Sep 2021 12:12 WIB
Sketsa modifikasi Royal Enfield Meteor 250 ala Scrambler Futuristik oleh Andika Pratama (KromWork)
Foto: Dok. Royal Enfield. Sketsa modifikasi Royal Enfield Meteor 350 ala Scrambler Futuristik oleh Andika Pratama (KromWork).
Jakarta -

Royal Enfield Meteor 350 merupakan salah satu moge klasik entry level yang bisa jadi pilihan konsumen Indonesia. Motor ini juga bisa dikustomisasi atau dimodifikasi sesuai kebutuhan atau selera pemiliknya. Nah, seperti apa sih jadinya jika motor klasik itu dimodifikasi dengan berbagai aliran?

Smoked Garage dan KromWork membuat sketsa modifikasi Royal Enfield Meteor 350. Smoked Garage menawarkan modifikasi dengan gaya Bobber yang gagah, sementara KromWork membuat sketsa Scrambler Futuristik.

Sketsa modifikasi Royal Enfield Meteor 350 ala Bobber oleh Nicko Eigert (Smoked Garage)Sketsa modifikasi Royal Enfield Meteor 350 ala Bobber oleh Nicko Eigert (Smoked Garage) Foto: Dok. Royal Enfield

Modifikasi Royal Enfield Meteor 350 ala Bobber oleh Smoked Garage

Smoked Garage menamakan karya modifikasinya dengan nama SG Brenham. Sketsa yang dibikin oleh Nicko Eigert ini terinspirasi oleh batu meteor yang terbang di sekitar galaksi.

Pada SG Brenham, Smoked Garage mengurangi bobot motor, dengan mengubah spakbor dan menggantinya dengan spakbor yang lebih kecil. Kalau kamu mencari teman berkendara bergaya bobber, Meteor 350 yang telah bertransformasi ini adalah salah satu dari beberapa pilihan terbaik.

Dengan posisi sebagai motor cruiser, SG Brenham memberikan feeling berkendara yang jauh lebih stabil. Caranya adalah dengan memperpanjang swing arm sepanjang 7 cm, menghasilkan dimensi yang lebih panjang dan memungkinkan suspensi belakang bekerja dengan sudut yang lebih rendah, membuat posisi berkendara jauh lebih rendah dari aslinya.

Konsep Bobber Smoked Garage pada Meteor 350 juga mengurangi bobot dengan perubahan pada lampu rem, spakbor dan jok belakang, serta spakbor depan dan menggantinya dengan bahan aluminium yang jauh lebih ringan dan lebih kecil. Dimensi knalpot dibuat lebih pendek, sedikit tambahan cat pada tangki bahan bakar, dan dipungkasi dengan sidebox.

Sketsa modifikasi Royal Enfield Meteor 250 ala Scrambler Futuristik oleh Andika Pratama (KromWork)Sketsa modifikasi Royal Enfield Meteor 350 ala Scrambler Futuristik oleh Andika Pratama (KromWork) Foto: Dok. Royal Enfield

Modifikasi Royal Enfield Meteor 350 ala Scrambler Futuristik oleh KromWork

The Cosmic, oleh KromWorks, terinspirasi dari cahaya kosmik. Cosmic mengusung konsep dual-purpose yang futuristik dengan perubahan signifikan yang dilakukan pada berbagai bagian dari Royal Enfield Meteor 350 yang berbasis cruiser.

Modifikasi ini menawarkan pengalaman berkendara yang mudah, baik offroad maupun di jalanan kota. Cosmic memberikan pilihan konsep modifikasi dengan Royal Enfield Meteor 350 bagi para penggemar yang menyukai aliran scrambler yang terlihat garang.

Cosmic didesain dengan bodi full-custom di sepanjang posisi duduk pengendara, suspensi depan menggunakan up-side-down dan monoshock di bagian belakang. Fitur pencahayaan yang berbasis LED memberikan kesan modern sementara penggunaan warna tembaga dan hitam yang mewakili cahaya Kosmik dalam konsep ini.

"Perubahan yang saya lakukan pada Meteor 350 memang signifikan. Tetapi jika Anda menginginkan perubahan yang sederhana dan tetap terlihat menawan, Meteor 350 memberikan ruang besar untuk membuat motor yang sederhana namun indah dengan plug and play. Ubahan pada stang/steering wheel, knalpot, ban, dan velg depan, dan jok belakang sudah cukup untuk mempercantik tampilan Meteor 350," ujar Andika Pratama.

(lua/lth)