Si 'Jagur', Modifikasi Yamaha Scorpio Chopper yang Nggak Biasa

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 13 Sep 2021 19:38 WIB
Modifikasi Yamaha Scorpio Chopper
Wujud sangar Yamaha Scorpio milik Catur Dharma yang dikustom bergaya chopper oleh Katros Garage Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Yamaha Scorpio sejatinya adalah motor sport bergaya naked yang tampil cukup modern. Motor ini kerap jadi bahan untuk motor kustom, karena bentuk rangka dan mesinnya yang cocok untuk berbagai aliran, termasuk chopper.

Untuk membuktikan asyiknya Yamaha Scorpio dimodifikasi, Catur Dharma pemilik Yamaha Scorpio lansiran tahun 2007 ini langsung mempercayakan tunggangannya untuk dibangun ulang oleh Katros Garage. Di bawah tangan piawai Andi 'Atenx' Akbar sang pemilik dari Katros, Scorpio ini berubah menjadi sebuah chopper yang spesial.

Modifikasi Yamaha Scorpio ChopperModifikasi Yamaha Scorpio Chopper milik Catur Dharma Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Kalau untuk namanya sih, motor ini gue sebut si Jagur. Tadinya ini motor custom juga, gayanya brat cafe. Tapi sekarang ganti aliran jadi chopper tradisional gitu," ujar Catur kepada detikOto.

"Desainnya sih terinspirasi dari chopper tradisional Jepang. Tapi yang spesial adalah gue tuh selalu pengen punya motor yang pakai hand shifter, dan akhirnya jadilah ini si Jagur pakai hand shifter," papar Catur.

Hadirnya hand shifter di motor ini membuat area kemudi menjadi sangat bersih. Tidak ada handle ataupun kabel kopling yang menjuntai, karena semua dipindahkan ke tongkat pengoper gigi yang diletakkan di sebelah kiri.

"Dari awal memang gue pengen motor ini tampak clean. Makanya sengaja milih konsep yang brakeless atau tanpa rem depan. Jadi untuk urusan kabel di area setang, cuma ada kabel gas," ujar Catur.

Modifikasi Yamaha Scorpio ChopperWujud hand shifter di motor Yamaha Scorpio Chopper milik Catur Dharma Foto: Muhammad Hafizh Gemilang


DetikOto sempat menjajal motor chopper milik Catur ini dan hasilnya kami sangat kesulitan untuk adaptasi penggunaan hand shifter. Perlu pembiasaan yang cukup lama, untuk membiasakan diri menarik kopling dan menggeser gigi dengan tangan kiri dan dengan tuas yang diposisikan vertikal.

"Karena gue dari awal sudah membayangkan dan sering cari tahu soal hand shifter, jadi untuk gue sih ya menyenangkan pakai sistem kayak gini. Paling pembiasaannya, harus terbiasa diliatin orang aja yah," ujar Catur sambil tertawa.

Kembali membahas detail motornya, chopper garapan Katros Garage ini ternyata bekerjasama dengan Sickless Customworks. Namun, untuk rangka jelas fitting yang digunakan sesuai dengan postur tubuh Catur yang cenderung di atas tinggi rata-rata.

"Banyak yang bilang area mesin jadi keliatan kosong, karena posisi setang, footstep, dan model rangkanya yang agak kurang imbang sama mesin. Tapi ya, motor ini kan didesain untuk gue dan maunya motor yang nyaman. Bisa juga ini motor untuk harian," ujar Catur.

Modifikasi Yamaha Scorpio ChopperModifikasi Yamaha Scorpio Chopper Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Supaya makin nyaman, Catur membawa joknya yang ala chopper tradisional ini ke Bellissimo. Mereka dipercaya oleh Catur untuk mengerjakan bagian busa dan lapisan kulitnya.

"Ya namanya chopper hardtail, jadinya gak ada sok belakang. Gue sengaja juga gak pake per di jok, karena biar lebih tradisional aja. Makanya, settingan ban belakangnya sengaja pakai profil yang tebal dan tekanan angin agak dikurangin supaya lebih nyaman," papar Catur.

Catur memilih pelek Suzuki TS ring 21 untuk bagian depan. Sementara pelek belakangnya, pakai pelek custom dari bahan stainless ring 18. Sedangkan untuk redaman suspensi depan, Catur memilih tetap menggunakan sok asli Yamaha Scorpio.

"Sok depan itu masih bawaan, cuma dikasih peninggir sekitar 5 sampai 7 cm. Terus biar tampilannya padat, soknya dikasih cover dari bahan stainless steel 304 dengan finishing metal polish," papar Catur.

Modifikasi Yamaha Scorpio ChopperMesin Yamaha Scorpio tak dapat banyak ubahan Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Nah untuk urusan mesin, Catur sengaja tidak memberikan modifikasi yang begitu berarti. Catur berpendapat bahwa motornya akan dipakai harian, sehingga yang ia butuhkan hanya mesin yang sehat, bukan mengejar performa yang terlalu berlebihan.

"Mesin sih cuma karburator aja diganti pakai punya Yamaha RX-King. Setting-an karbunya udah pas banget. Gue sih untuk mesin asal sehat aja dan bisa dipakai harian," papar Catur.

Untuk membangun sebuah motor chopper dari bahan Yamaha Scorpio ini memang dananya beragam. Biasanya tergantung dari kerumitan dan part yang hendak digunakan. Namun Catur mengatakan, kurang lebih estimasi biaya untuk membangun motornya ini ada di rentang Rp 28 hingga 30 Jutaan.

Spesifikasi Yamaha Scorpio chopper Catur Dharma

Motor: Yamaha Scorpio 2007
Frame custom : Sickless Customworks
Bodyworks custom : Katros Garage
Knalpot : Stainless 304
Painting : Black Gold leaf nuansa Catur
Stang custom : Disini Ada Setang
Cover box aki : cylinder head Suzuki Bravo
Pelek depan : Suzuki TS ring 21
Pelek belakang : stainless ring 18
Ban depan : 3.00-21
Ban belakang : 4.00-18
Sok depan : Yamaha Scorpio, cover custom by Katros Garage
Lampu depan : Led 3 Inch
Lampu belakang : LED
Seat Leather : Bellissimo



Simak Video "Sangar! Yamaha Scorpio ini Disulap Jadi Chopper yang 'Spesial'"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)