Senin, 17 Feb 2020 21:40 WIB

Benarkah AHM Recall 3.930 Unit PCX 150? Ini Kata Kemenhub

Luthfi Anshori - detikOto
Marketing Director AHM - Shigeto Kimura, President Director AHM – Toshiyuki Inuma dan Direktur Marketing AHM – Thomas Wijaya memperkenalkan sepeda motor terbaru All New Honda PCX 150 di Hotel Fairmont, Jakarta (13/12). Skutik premium Honda ini hadir dengan tampilan semakin mewah dengan desain styling Sophisticated & Luxurious yang merupakan model global yang diproduksi oleh anak bangsa. Honda PCX 150.Foto: Astra Honda Motor
Jakarta -

Astra Honda Motor (AHM) melakukan kampanye penarikan kembali model PCX 150 pada akhir 2019 lalu. Namun saat itu pihak AHM hanya mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemilik PCX 150, tanpa merilis secara resmi berapa unit PCX 150 yang terkena kampanye penarikan itu. Kementerian Perhubungan pun mengonfirmasi adanya recall terhadap skutik premium tersebut.

Honda PCXHonda PCX Foto: Pradita Utama

"Jadi memang ada surat (recall) resmi bahwa di PCX ada apa sedikitlah, tapi jumlahnya nggak banyak," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Sigit Irfansyah, kepada detikcom, Senin (17/2/2020).

Data Kemenhub menyebut ada recall skutik 150 cc tahun lalu, dengan angka mencapai 3.930 unit. Data itu dikirim oleh pihak APM (Agen Pemegang Merek) kepada Kemenhub, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. 53 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor.

"Ada surat. Kan setiap mereka (APM-red) ada rencana recall kan mereka mengasihkan jumlah," lanjut Sigit.

Namun Sigit mengatakan bahwa angka recall unit PCX 150 belum diketahui pasti jumlahnya. "Saya lupa angkanya karena itu memang harus baca surat dari Hondanya," ujarnya.

Ia pun menyarankan kami untuk menghubungi Kasi Sertifikasi Kemenhub Jabo Nur Utip. Namun saat detikcom coba mengubungi melalui aplikasi whatsapp dan sambungan telepon, belum ada respons.

Pihak AHM melalui General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, sudah memberikan tanggapannya atas isu recall PCX 150 yang mencapai ribuan unit tersebut.

"Kami memang melayangkan surat ke beberapa pemilik Honda PCX untuk pemeriksaan unitnya tahun lalu. Jumlahnya tidak banyak hanya sebagian dari jumlah Honda PCX secara keseluruhan. Kami sudah sampaikan ke Kemenhub sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ucap ujar Muhib, dihubungi detikcom, Senin (17/2/2020).



Simak Video "'Menyiksa' PCX di Bali, Terobos Kemacetan dan Jalan Naik Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com