Minggu, 08 Des 2019 13:09 WIB

Pemuda Malaysia Ciptakan Motor Anti Banjir

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Bernama
Terengganu - Dua kakak-beradik dari Terengganu, Malaysia, membuat heboh karena menciptakan motor antibanjir. Seperti dikutip dari Bernama, Ikram Shahidi Mat Kail (24) dan adiknya Muhammad Zakaria (22), memodifikasi motor bebek, Modenas Kriss 110 dan Honda C70 supaya bisa menjadi kendaraan amfibi.

Agar kedua motor tersebut layak digunakan di genangan air, Zakaria dan Shahidi melakukan sejumlah modifikasi. Pertama mengganti tangki dengan botol air minuman kemasan berkapasitas 1 liter. Botol penampung bensin ini diikat di sebuah tongkat besi yang ada di batok headlamp.



Tak hanya tangki bensin yang diganti dan dipindah posisinya, karburator dan saluran udara juga turut dipasang pada tongkat besi tersebut. Posisinya yang tinggi bisa mencegah air masuk.

Pemuda Malaysia Ciptakan Motor Anti BanjirFoto: Bernama


Bagaimana dengan knalpotnya? Tentunya juga dilakukan modifikasi, yakni dengan menggunakan pipa knalpot yang super panjang dan diposisikan vertikal di ujungnya. Ini juga bertujuan untuk mencegah air masuk ke lubang knalpot.



Dengan modifikasi tersebut, kedua motor bebek itu terbukti bisa digunakan di genangan air. Meskipun bisa berfungsi normal, tidak disarankan melakukan modifikasi seperti itu ya, detikers. Karena bagaimanapun air masih bisa berpotensi masuk ke ruang bakar melalui celah paking mesin atau celah di header knalpot.

Pemuda Malaysia Ciptakan Motor Anti Banjir




Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com