Selasa, 30 Apr 2019 12:58 WIB

Sempat Minder, CB150R Tampil Makin Sangar

Ridwan Arifin - detikOto
Honda Modifikasi Foto: Ridwan/detikOto Honda Modifikasi Foto: Ridwan/detikOto
Pekanbaru - Honda CB150R merupakan motor sport naked di keluarga Honda, kreativitas modifikator asal Pekanbaru ini semakin mengeluarkan aura sangar ala street fighter. Meski awalnya modifikator ini agak minder turun di kelas FFA (Free For All) di Honda Modification Contest 2019 seri Pekanbaru.

Ialah Muhamad Zainudin, kendati sempat pesimis namun berhasil menjadi juara satu kelas FFA di HMC Pekanbaru. CB150R lansiran tahun 2016 miliknya makin agresif dengan rombakan yang paling kelihatan besar pada sektor kaki-kaki.



"Dua tahun yang lalu memang belum rejeki di racing style, kemudian kami mencoba berani untuk menyusun konsep fighter. Dari situ saya awalnya ikut kelas di sport naked," buka Zainudin di Pekanbaru, Riau.

"Tapi ada perubahan regulasi bahwa ciri khas Honda harus ada, sedangkan di motor ini sudah tidak ada. Akhirnya saya sharing dengan bang Saibul, yasudah disarankan ikut FFA karena waktunya sudah mepet," ujar Zainudin.



"Dalam hati kecil agak pesimis, sebab tahun lalu di kelas FFA gila-gilaan kan dicincang habis padahal di bagian rangka (motor milik Zainudin) depan masih tobular belum sampai habis total," ucapnya.

Beberapa sektor otomatis dirombak supaya mewujudkan konsep street fighter, termasuk merubah bodi guna menyeimbangkan tampilan depan.



Utamanya dari sektor kaki-kaki ikut menjadi fokus bidikan Zainudin. Sejumlah part standar diamputasi dan diganti komponen yang membuat besutannya menjadi lebih kekar. Seperti pelek, shockbreaker depan dan belakang bawaan pabrik dicopot diganti lebih menjiwai nafas seorang petarung jalanan.

"Rangka belakang dirubah, arm kita buat costum sendiri, tangki dan jok sudah menjadi satu custom seperti uni body, mesin standar, suspensi depan Upside-down, belakang Nitron, pelek Rossi cuma tromol pakai punya KLX," ujar Zainudin.

Untuk lamanya waktu pengerjaan Zainudin membutuhkan dua bulan. Dana ubahan motor street fighter ini menghabiskan biaya sekitar Rp 30 juta.


Simak Juga "Begini Model Baru Honda CB150R dan CBR250RR":

[Gambas:Video 20detik]

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed