Senin, 29 Apr 2019 16:59 WIB

Motor Zaman Now Tak Cuma untuk Transportasi

Ridwan Arifin - detikOto
Kontes modifikasi motor Honda. Foto: Ridwan Arifin Kontes modifikasi motor Honda. Foto: Ridwan Arifin
Pekanbaru - Modifikasi memang menjadi salah satu cara pemilik motor untuk menambah tampilan lebih keren. Tak hanya soal kosmetika, bahkan modifikasi motor tak jarang juga memoles 'jeroan' mesin.

Salah satu wadah bagi para modifikator untuk unjuk gigi adalah Honda Modification Contest yang lebih dari 10 dekade rutin digelar saban tahun. Senior Manager Marketing Communication PT Astra Honda Motor Andy Wijaya, mengatakan bahwa acara seperti ini perlu digelar sebab tren kendaraan kini tak hanya sebagai transportasi.



"Memang secara tidak langsung akan mengarah ke situ, karena tadi ya kalau kita berbicara sepeda motor, kan kita nggak hanya bisa ngomong sebagai tren kendaraan transportasi. Sekarang orang banyak menggunakan sebagai lifestyle," ujar Andi di Pekanbaru, Riau, Minggu (28/04/2019).

"Dalam arti tidak hanya motornya saja, modifikasi kan macam-macam nih mau itu kosmetik atau performance bahkan apparel atau penggunanya, ini merupakan satu ekosistem," kata Andi.



Honda mengatakan bukan tidak mungkin bila modifikasi itu jadi budaya. Honda juga tidak terlalu memusingkan dampak modifikasi terhadap penjualan.

"Secara direct impact nggak ada, namun secara tidak langsung akan mengarah ke situ (budaya) sih. Karena saking cintanya kepada sepeda motor, orang melihat tidak hanya sebagai transportasi tapi sebagai hobi, apa pun dibeli, apa pun dicicipi, mungkin tidak langsung akan menciptakan budaya orang suka motor," ujar Andi.

"Namun kita lihat lagi, perkara nanti ada impact atau tidak tapi sebenarnya tujuan akhir kita. Dalam jangka pendek kita ingin benar-benar mewujudkan wadahnya dulu nih," pungkas Andi. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed