Kamis, 11 Apr 2019 11:19 WIB

Modifikasi Motor Roda 3 untuk Difabel Cuma Rp 5 Juta

Rizki Pratama - detikOto
Compac motors, bengkel penyedia motor untuk disabilitas. Foto: Rizki Pratama Compac motors, bengkel penyedia motor untuk disabilitas. Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Beberapa orang yang menyandang disabilitas akan dimudahkan untuk mengendarai sepeda motor beroda tiga. Alasannya sudah jelas akan mempermudah mereka mengoperasikan dan menyeimbangkan motor demi meminimalisir kecelakaan.

Untuk motor yang menggunakan lebih dari dua roda, mekanisme seperti gardan mobil mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun keterbatasan biaya membuat salah seorang pembuat motor roda tiga untuk difabel menyiasati hal tersebut dengan menggunakan penggerak di satu sisi ban saja.



"Diferensiasi mobil pakai gardan itu akan membutuhkan biaya besar sedangkan konsumen kami adalah disabilitas yang notabene menengah ke bawah," ujar Suwanto saat ditemui di Indonesia Startup Summit, di Ji Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Selain itu menggunakan mekanisme penggerak seperti itu bisa lebih ringkas tanpa memikirkan kendala yang terjadi pada kendali motor. Menurut Suwanto menggunakan penggerak roda yang hanya sebelah ini akan mengurangi resiko as roda patah.



"Kenapa penggerak cuma sebelah, karena apabila penggeraknya dua-duanya setang tidak akan bisa dibelokkan, setiap dibelokkan balik lagi ke tengah dan asnya mudah patah," jelas Suwanto.

Saat ini layanan pembuatan motor disabilitas Suwanto masih beroperasi di Semarang saja. Dengan biaya Rp 5 juta saja ia sudah dapat mengubah motor agar dapat dioperasikan dengan mudah oleh penyandang disabilitas. Saat ini pun ia sudah mendapatkan pesanan 2 hingga 3 dari luar daerah.

"Untuk biayanya itu memerlukan Rp 5 juta. Setiap bulan biasanya bisa mendapatkan pesanan 2 sampai 3. Untuk membuka cabang belum ada rencanan karena membutuhkan biaya yang sangat besar, tapi tetap banyak permintaan datang dari luar kota," pungkas Suwanto. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com