Selasa, 02 Apr 2019 10:39 WIB

Warga Jombang Sulap Yamaha Mio Jadi Motor Batman

Enggran Eko Budianto - detikOto
Batpod buatan warga Jombang. Foto: Enggran Eko Budianto Batpod buatan warga Jombang. Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Penggemar super hero Batman pasti tak asing dengan batpod. Ya, batpod adalah motor tempur yang dikendarai Batman dalam film The Dark Knight. Ternyata di Jombang ada kendaraan yang mirip milik Batman tersebut.

Motor mirip batpod itu milik Mohamad John Aris Joenaidi (33), warga Desa Badang, Kecamatan Ngoro, Jombang. Bentuk motor warna biru metalic ini mirip dengan motor tempur milik Batman. Hanya saja tak ada senapan mesin di bagian depannya. Selain itu, ban yang digunakan tak sebesar batpod aslinya.


"Inspirasinya sebenarnya dari game cosplay, saya namakan matic cyber, tapi kebanyakan orang menyebut mirip batpod, motornya Batman," kata Aris kepada wartawan di rumahnya, Senin (1/4/2019).

Namun siapa sangka, motor necis ini awalnya hanya Yamaha Mio tahun 2008. Motor matic itu dimodifikasi total oleh Aris. Dibantu tiga temannya, dia mengaku membutuhkan waktu 2 bulan untuk menyulap Yamaha Mio menjadi mirip batpod.

Tak ayal, motor matic itu berubah 360 derajat dari bentuk aslinya. Bagian yang dipertahankan oleh Aris hanya ban, shock depan, serta mesin. Kerangka motor dia modifikasi sehingga menjadi lebih panjang.


"Saya bagian desain casingnya. Sejauh ini sudah habis Rp 2,5-3 juta," ungkapnya.

Aris mengaku sempat dimarahi oleh istrinya saat memutuskan memodifikasi motor matik miliknya. Menurut dia, sang istri khawatir tak bisa menunggangi motor tersebut.

Rupanya menunggangi motor mirip batpod ini tak sesulit yang ada di film The Dark Knight. Kalau di film, penunggang harus berposisi hampir telungkup di atas motor. Namun, motor milik Aris ini tak perlu terlalu telungkup untuk menungganginya. Karena posisi stir tak begitu jauh dari dudukan.

Kendati hasil modifikasi cukup memuaskan, Aris tak berniat menjual motor miliknya. Hingga kini dia ingin menunggangi motor mirip batpod ini untuk keperluan sehari-hari. Dia masih enggan memakai di jalan raya karena khawatir ditilang polisi.

"Akan saya pasang spion dan lampu sein supaya komplit," terangnya.


Aris menambahkan, dirinya juga menerima permintaan modifikasi motor milik orang lain. Dia menyarankan agar para pecinta motor custom untuk datang langsung ke rumahnya.

"Kalau mau dimodifikasi bisa datang ke sini, minimal butuh dana Rp 10 juta," tandasnya.


Adu 3 Motor Sport Seperempat Liter, Mana yang Unggul? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com