Selasa, 05 Mar 2019 11:07 WIB

Ketika Sepeda BMX Disuntik Mesin Motor Trail

Luthfi Anshori - detikOto
Sepeda BMX Dicangkok Mesin Motor. Foto: Bike Exif Sepeda BMX Dicangkok Mesin Motor. Foto: Bike Exif
Paris - Dunia modifikasi motor selalu menawarkan ide-ide kreatif yang bikin pencinta otomotif berdecak kagum. Salah satu modifikator motor yang sukses melakukan hal itu adalah Tom Dun dari bengkel 56 Motorcycles, Paris.

Tom patut diacungi jempol karena sukses meracik sepeda BMX dengan kerangka motor bebek Honda Super Cub dan mesin moto trail, sehingga menjadi sebuah karya modifikasi yang proporsional dan tidak memaksakan.

Seperti dilansir dari Bike Exif, Tom memang diketahui punya spesialisasi pada Honda Super Cub. Dan dia juga sudah hobi naik sepeda BMX dan motor trail sejak kecil.



"Saya selalu ingin membangun sepeda BMX dengan mesin. Saya ingat ketika masih kecil, MBK dan Peugeot telah merilis beberapa, tapi mereka tak mendapatkan kesuksesan. Dua tahun lalu, saya akhirnya punya sedikit waktu untuk membangunnya," ujar Tom.

Dilihat sekilas, menggabungkan sepeda BMX dengan mesin motor tampak seperti sebuah pekerjaan sederhana. Tapi ternyata tidak semudah itu, karena Tom harus memesan kerangka sepeda BMX secara khusus.

Dan tidak hanya mengandalkan rangka asli sepeda BMX, Tom juga menggabungkan beberapa kerangka Honda Cub ditambah dengan dudukan untuk menggantung mesin motor trail, lalu mengelas sisanya dengan baja.



"Saya menggunakan geometri Honda Cub untuk bilah yang lebih rendah, dan sisanya berjalan secara alami," lanjut Tom.

Dari posisi jok hingga ke belakang, Tom mempertahankan desain asli BMX, dengan bentuk jok segitiga dan rantai sepeda. Tapi ujung depan dirancang supaya bisa jadi dudukan untuk fork Honda, yang kemudian diperkuat dengan pegas tambahan.

Motor yang dinamakan Crossbreed oleh sang pemilik ini menggunakan mesin 2 Tak merek RZ Racing YX 150cc. Mesin tersebut bisa menghasilkan power maksimal hingga 15 dk namun dengan bobot hanya 66 kg.

Untuk mengimbangi tampilan sepedanya supaya tetap berkesan padat, Crossbreed menggunakan pelek 17 inci model dop. Pelek tersebut lantas digabungkan dengan ban supermoto Michelin.

Sementara bagian-bagian lain seperti setang, pijakan kaki dan dudukan samping semuanya dipinjam dari sepeda BMX. Dan untuk tuas kick-start pakai milik motor trail, dan dikombinasi dengan pedal sepeda. Sedangkan untuk knalpotnya memakai model kustom dengan bentuk silinder memanjang mirip bambu.

Gimana, keren nggak Otolovers? (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com