Rabu, 07 Nov 2018 10:19 WIB

Jokowi Suka Motor Chopper, Apakah Pengaruhi Tren Modifikasi?

Luthfi Anshori - detikOto
Motor baru Jokowi. Foto: Dok.Istimewa Motor baru Jokowi. Foto: Dok.Istimewa
Jakarta - Sebagai orang nomor satu di Republik Indonesia, barang apa pun yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentunya bakal menjadi sorotan banyak orang. Contohnya saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta 2012 lalu, ia menggunakan kemeja kotak-kotak, dan busana itu langsung jadi tren dan banyak orang yang ikut-ikutan memakai.

Selanjutnya ketika ia menggunakan berbagai jenis jaket pada momen-momen tertentu, saat ia sudah menjabat Presiden RI. Mulai dari jaket bomber, jaket riding Bull Syndicate, hingga jaket yang memuat peta Indonesia buatan seniman lokal Never Too Lavish. Semua busana tersebut menjadi sorotan banyak orang, dan secara langsung menjadi promosi tersendiri bagi si pembuatnya.

Jokowi juga dikenal dengan hobi motor kustomnya dan hobi mengendarai motor untuk sesekali waktu. Pria asal Solo ini tercatat memiliki dua motor kustom buatan bengkel lokal. Pertama Royal Enfield Bullet 350 yang dimodifikasi aliran Chopper klasik oleh Elders Garage dan Kickass Chopper. Kedua ada Kawasaki W175 beraliran Chopper-Bobber yang digarap oleh Katros Garage, Tangerang.



Pertanyaannya, apakah hobi Jokowi dengan motor kustom beraliran Chopper juga menular ke bikers Indonesia, layaknya tren busana yang digunakan Jokowi?

Menurut pemilik rumah modifikasi Custom Concept Industries Ariawan, hobi Jokowi akan motor kustom beraliran Chopper tidak serta merta berpengaruh ke tren modifikasi yang berkembang saat ini.



"Kalau pengaruh ke gaya (modifikasi saat ini) nggak. Karena yang bikin jenis motor modifikasi kayak Jokowi kan bengkel-bengkel tertentu. Jadi ramainya di bengkel-bengkel tertentu itu. Tapi karena kemarin Jokowi naik motor, orang majority jadi banyak beli motor, mungkin itu iya. Tapi gaya orang dalam modifikasi itu kan masing-masing," kata Ariawan, kepada detikOto, di Palmerah, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, motor modifikasi pertama Jokowi beraliran Chopper klasik. Sedang untuk motor keduanya sama-sama beraliran Chopper, namun sudah memakai ban berprofil gendut ala motor Bobber.



Tonton juga 'Pemilik Ungkap Cerita Unik di Balik Motor Chopper Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed