Rabu, 24 Okt 2018 09:27 WIB

Modifikasi Sokbreker Belakang Lexi Jadi Mirip Motor Sport

Luthfi Anshori - detikOto
Sokbreker belakang Yamaha Lexi yang dipindah ke tengah. Foto: Dok. Ian Juno Sokbreker belakang Yamaha Lexi yang dipindah ke tengah. Foto: Dok. Ian Juno
Jakarta - Kebanyakan motor skuter matik (skutik) yang dijual di pasar Indonesia dibekali sokbreker tunggal dengan posisi di kiri atau kanan. Tak terkecuali Yamaha Lexi yang punya sokbreker belakang tunggal dengan posisi di sebelah kiri.

Nah biar tampilannya lebih keren, sokbreker Lexi ini ternyata bisa dimodifikasi dengan memindah posisinya ke tengah, seperti sokbreker belakang pada motor sport.

"Biar tampilan lebih keren aja, karena area belakang jadi terlihat clear," ujar Ian Juno, salah satu pengguna Lexi yang melakukan modifikasi ini.



Menurut Ian, modifikasi ini cukup mudah karena tidak perlu melakukan banyak ubahan. "Jadi sokbreker dihubungkan pakai bracket yang tersambung ke footstep dan swingarm. Nggak perlu las rangka segala, apalagi jebol bagasi," kata Ian yang berdomisili di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Apakah bracket ini kuat? Ian pun berani menjamin bracket dudukan sokbreker ini kuat. "Bahannya tebal, bikinnya pakai mesin CNC. Jadi cukup presisi. Makanya harga juga cukup tinggi, Rp 1,2 juta," lanjut Ian yang memang spesial modifikator skutik Maxi Yamaha ini.



Sementara untuk sobrekernya sendiri pakai merek Scarlet untuk Yamaha V-Ixion. "Harganya Rp 800 ribu dan sudah ada setelan rebound-nya sebanyak 24 klik," terang Ian. Lalu bagaimana impresi berkendara setelah mengganti sokbreker belakang Lexi jadi model monoshock ini?

"Paling ngaruh di tampilan sih ya. Jadi lebih ganteng mirip Yamaha Smax. Kalau dari segi berkendara ya tetap nyaman aja karena sokbreker juga empuk dan bisa disetel," pungkas Ian.




Tonton juga 'Adu Ketangguhan Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed