Selasa, 31 Jul 2018 10:07 WIB

Modifikasi Motor

Honda Karisma Cafe Racer, Keren Banget!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Honda Karisma 2003 ala Cafe Racer (Foto: Dadan Kuswaraharja) Honda Karisma 2003 ala Cafe Racer (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Makassar - Dari tampilannya, mungkin Otolovers tak percaya kalau motor ini aslinya adalah Honda Karisma. Ya motor ini dimodif pemiliknya dengan gaya cafe racer.

Motor Honda Karisma tahun 2003 yang mencuri perhatian juri Honda Modif Contest Seri Makassar dan kalangan wartawan ini menjadi juara di kategori Free For All (FFA).

Stang kustom Honda Karisma 2003Stang kustom Honda Karisma 2003 Foto: Dadan Kuswaraharja


Motor dimodifikasi dengan ide sang pemilik Andi Muhammad Iqbal. Menurut Sam Syahrul Madana, modifikator motor dari bengkel Jigsaw Garage Shop, motor unik ini pengerjaannya dikebut.

Honda Karisma 2003Honda Karisma 2003 Foto: Honda


"Pas dengar ada kontes modifikasi Honda, langsung 10 hari nonstop, pagi tembus pagi, kerja bertiga. Saya owner, dan keponakannya. Dulu saya mengerjakannya mulai masih abstrak, kaki-kaki belum ada," ujar Sam yang terlihat sumringah sudah memenangi kontes.

Seluruh bagian motor mendapat sentuhan modifikasi, mulai dari lampu depan belakang, bodi berwarna coklat dan sentuhan biru tosca bergaris putih. Per ulirnya juga dibuat sendiri oleh Sam.


Cover engine dari plastikCover engine dari plastik Foto: Dadan Kuswaraharja

Namun bagian yang paling tersulit menurut dia adalah saat mencoba memasang kulit ke bodi motor. "Soalnya bodinya sudah dicat, nah bagaimana caranya memasang leather tapi bodi nggak lecet," ujarnya.


Motor memenangkan Honda Modif Contest Makassar kategori Free Far AllMotor memenangkan Honda Modif Contest Makassar kategori Free Far All Foto: Dadan Kuswaraharja


Selain stang, bagian motor yang unik adalah lampunya yang menggunakan lampu dinding biasa yang bisa ditemui di toko-toko peralatan rumah tangga.

Lampunya lampu dindingLampunya lampu dinding Foto: Dadan Kuswaraharja


"Itu tak pakai lampu standar, anti-mainstrem, lampunya terang kok, malah nyebar," begitu alasannya yang mengatakan motor ini berfungsi normal 100 persen.

Honda Karisma 2003Honda Karisma 2003 Foto: Dadan Kuswaraharja


Mengenai biaya, pemiliknya mengeluarkan biaya sekitar Rp 23 juta. "Paling mahal pas mau celup ulang bodi," ujarnya.

Bodi motor Honda Karisma 2003Bodi motor Honda Karisma 2003 Foto: Dadan Kuswaraharja



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com