Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 21 Januari 2018, 10:02 WIB

Motor Chopper Dijamin Cocok untuk Jokowi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Motor Chopper Dijamin Cocok untuk Jokowi Jokowi dan Motor Chopper Emas di Istana Bogor. Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Jokowi memboyong sebuah motor kustom bergaya chopper. Motor garapan kolaborasi Eleders Garage dan Kickass Choppers ini pun dirasa cocok dan pas untuk ukuran Jokowi.

"Kami mencoba mencari frame yang sangat ideal untuk orang Indonesia. Ukuran badan saya dan Pak Jokowi kurang lebih mirip dan banyak yang memang kurang lebih ke sana targetnya," ujar pendiri dan pemilik Elders Garage, Heret Frasthio, kepada wartawan, di Markas Elders Garage, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.



Pengerjaan frame yang dijuluki Chopperland itu sebenarnya hanya butuh waktu satu bulan dengan bentuk motor sudah jadi. Namun untuk pembuatan awal framenya itu sendiri membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

"Proses pembangunan motor sendiri yang satu bulan itu dengan frame yang sudah jadi, tapi develop frame itu memang lama dan kami eksperimen terus, dan itu cukup lama sampai jadi. Nah setelah jadi, pembuatan motor di-custom cuma makan waktu satu bulan," tutur Veroland, pemilik bengkel KickAss Choppers.



Dalam jangka waktu pengerjaan tersebut frame dirasa sudah sangat matang untuk seukuran badan orang Indonesia. Jadi akan nyaman digunakannya.

"Jadi Vero (Veroland) sudah mendesain ini dan kami memutuskan frame yang terakhir kita buat selama tiga bulan ini yang jadi pilihan kami. Frame yang kami buat sudah benar, ukurannya juga sudah presisi, jadi frame ini kami rasa sudah cukup ideal untuk orang Indonesia. Jadi ketika Pak Jokowi tes, saya sudah mengira ini akan comfortable buat beliau," tutur Heret.



Untuk mesinnya sendiri, Chopperland ini menggunakan mesin motor asal Inggris, Royal Enfiled. Sementara untuk komponen lainnya dibuat sendiri alias kustom.

"Jadi Chopperland ini memang frame yang kita produksi dan beberapa parts kami kustom. Untuk mesin atau tromol itu kita ambil dari Royal Einfield 350 cc," kata Vero.

"Kayak ban kan kita nggak produksi sendiri kita beli yang ada. Tromol juga kita ambil dari motor yang sudah ada juga. Tangki, rangka, spakbor belakang, jok, arm belakang, swing arm bikinan kita semua," tambah Heret. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed