Jumat, 25 Agu 2017 15:57 WIB

Ngebengkel by detikOto

Bikin Motor Jadi Ganteng, Jangan Cuma Terpaku Sama Dana

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Salah satu motor garapan Wahyu (Foto: Diwa Creative Studio)
Depok - [Gambas:Video 20detik]
Modifikasi motor memang membutuhkan dana. Tapi, kalau punya dana terbatas bukan berarti Anda mengurungkan niat untuk membuat motor lebih ganteng.

Penggawa Diwa Creative Studio Wahyu Hidayat, mengatakan pemilik motor yang ingin memodifikasi motornya jangan cuma terpaku dengan dana. Jika dana terbatas, kuatkan ide kreativitas untuk membuat tampilan motor jauh lebih berbeda.

"Gue kasih support sama orang-orang yang budget-nya terbatas. Kalau teman-teman yang baru belajar custom punya duit pas-pasan, jangan patahkan dia, jangan bilang 'Duitnya cuma segitu mana cukup'. Semua orang nggak pada keadaan punya duit seperti itu. Gue pun dulu mulainya juga pernah merasakan fase itu. Tapi punya keinginan," kata Wahyu kepada detikOto di markasnya di Cimanggis, Depok, belum lama ini.

"Saat elu punya budget terbatas, kuncinya adalah kuatkan idenya. Elu nggak punya duit buat ngecat, elu punya tenaga kan buat ngerok besi, kerok itu besi, siram pemutih pakaian, jadi karat elu pernis, jadi something different," ucap Wahyu.

Wahyu memberikan pesan kepada pemilik motor yang ingin memodifikasi motornya. Dia menilai, banyak cara untuk membuat motor memiliki tampilan berbeda dan lebih menarik.

"Yang penting modalnya adalah kuatin ide. Motor elu mau dijadiin apa sih. Motor elu adalah motor elu, jadikanlah motor itu semau elu. Gak harus pakai barang-barang (suku cadang) yang branded. Yang penting elu kuatin ide, mau dibikin apa sih, idenya apa sih. Baru berkembang pemasangan part segala macam. Ide yang out of the box yang nggak sama dengan motor-motor lain itu harus dipikirkan. Karena memang motor custom itu esensinya di situ," kata Wahyu.

Jika memiliki dana terbatas dan ingin mencari bengkel modifikasi, lanjut Wahyu, pintar-pintarlah mencari bengkel itu. Jangan sampai sudah punya dana terbatas malah pergi ke bengkel 'pemain'.

"Elu dengan dana terbatas bikin di tempat yang benar aja kurang, apalagi kalau di tempat yang bohongin. Pokoknya pintar-pintar cari tempat, survei barang sebelum ke tempat itu jadi lo tau harga barang itu berapa. Lo konsepin motor konsep apa yang lo mau. Cari di internet barang-barang yang akan digunakan, cari berapa harganya. Nanti kira-kira bisa diakumulasikan pengeluarannya. Kalau newbie jangan langsung plek-plekan ke bengkel, takutnya malah ketemu yang pemain," kata Wahyu. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com