Keren! Petani di Bandung Modif Mobil Pickup seperti Tempat Dugem

Yudistira Imandiar - detikOto
Selasa, 23 Feb 2021 14:30 WIB
Modifikasi Suzuki Carry petani Bandung
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Kabupaten Bandung -

Karena sehari-hari menghabiskan waktu mengurus lahan dan pengiriman labu serta sayur-sayuran lain ke pasar, Dede Koswara menjadikan modifikasi mobil sebagai hobi pelepas penat. Petani milenial jebolan Sekolah Teknik Mesin (STM) itu memang doyan otak-atik kendaraan sejak dulu.

Salah satu kendaraan modifikasi kepunyaan Dede, yaitu sebuah Suzuki Carry pickup lansiran 2010. Mobil ini dijejali audio menggelegar layaknya kelab musik.

Saat berbincang dengan detikcom, Dede mengatakan mobil ini dipersiapkan untuk mengikuti kontes di Bandung tahun lalu. Tapi lantaran terhalang pandemi, kontes tersebut urung dilaksanakan. Karena sudah dirombak habis-habisan, mobil tersebut dipensiunkan dari aktivitas angkut sayur.

Sektor audio digarap cukup serius. Headunit singledin Pioneer dipilih Dede sebagai pusat kontrol multimedia, serta dilengkapi prosesor Venom Pandora untuk mengolah output suara. Gelombang audio disalurkan ke empat speaker besar, masing-masing dua speaker di pintu kanan dan kiri, ditambah beberapa tweeter. Tak ketinggalan terpasang subwoofer untuk hasilkan dentuman bass menggelegar, didukung dua amplifier untuk hasilkan suara maksimal.

"Untuk sound itu habis sekitar Rp 27 juta. Pengerjaannya di Bogor," ungkap Dede.

Urusan bodywork diserahkan Dede ke kenalan bengkel di Jawa Tengah. Ia memilih kelir hijau dengan gradasi cokelat. Bagian wajah mobil dibuat garang dengan aplikasi lampu LED Projector. Foglamp mengambil copotan Jetbus. Lampu-lampu tersebut mengeluarkan cahaya kelap kelip yang mengundang perhatian.

Modifikasi Suzuki Carry petani BandungModifikasi Suzuki Carry petani Bandung Foto: Agung Pambudhy/detikcom

Beralih ke bagian belakang, terpasang bumper beserta bodykit custom yang menjuntai ke bawah. Untuk menambah kesan agresif, Carry pickup ini dijejali set lampu belakang dari Toyota Fortuner VRZ.

Di sektor interior Dede menggunakan kulit sintetis untuk melapisi door trim, jok, setir, serta dashboard. Keseluruhan interior menggunakan warna oranye.

"Kurang lebih habis lah 80 juta (rupiah)," kata Dede saat ditanya soal kocek yang harus dikeluarkan untuk mendandani pickup sayur tersebut.

Modifikasi Suzuki Carry petani BandungModifikasi Suzuki Carry petani Bandung Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Modifikasi Suzuki Carry petani BandungModifikasi Suzuki Carry petani Bandung Foto: Agung Pambudhy/detikcom

Dede mengaku gatal untuk mengubah tampilan armada yang ia miliki. Selain pickup sayur yang dimodifikasi habis-habisan, truk-truk pengangkut sayur juga sedikit dipoles. Permainan stiker dipilih untuk memberikan warna yang kontras dengan cat standar truk.

"Memang suka ya modifikasi. Truk-truk itu dikasih stiker aja," ungkap Dede.

Sebagai informasi, Dede merupakan ketua Gapoktan Regge, membawahi petani dan pengepul labu. Tahun lalu Gapoktan Regge dipercaya BRI untuk menjalankan program inkubator berupa green house paprika.

detikcom bersama BRI mengadakan program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia yang mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.



Simak Video "Dari Rancabali sampai Pengalengan, untuk Kopi dan Strawberry."
[Gambas:Video 20detik]
(prf/lth)