Ketika Range Rover Klasik Disulap Jadi Mobil Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 07 Des 2020 20:43 WIB
Range Rover klasik disulap jadi mobil listrik
Range Rover klasik diubah jadi mobil listrik. Foto: Autoevolution
Jakarta -

Kendaraan ramah lingkungan saat ini memang sedang ngetren. Banyak perusahaan otomotif yang memproduksi mobil atau motor listrik. Tidak hanya itu, sekarang bermunculan pula bengkel-bengkel modifikasi yang mengonversi kendaraan bensin menjadi kendaraan listrik.

Perusahaan Inggris, Lunaz, adalah salah satunya. Grup ini sebelumnya pernah memodifikasi mobil Rolls-Royce klasik dan Jaguar XK120 1953 menjadi mobil bertenaga penggerak listrik. Seolah belum puas, kini Lunaz mengubah Range Rover klasik menjadi mobil listrik.

Range Rover klasik disulap jadi mobil listrikRange Rover klasik disulap jadi mobil listrik Foto: Autoevolution

Seperti dikutip dari Autoevolution, Range Rover klasik merupakan mobil yang diproduksi dari tahun 1970 hingga 1994. Modifikasi dapur pacu oleh Lunaz akan menjadikan mobil ini sebagai satu-satunya Range Rover klasik di dunia yang menggunakan tenaga listrik.

SUV listrik ini akan ditawarkan dalam dua pilihan wheelbase (jarak sumbu roda), standar dan panjang. Spesifikasinya pun ada dua, Town dan Country. Tipe teratas Country, hadir dengan penggerak empat roda, suspensi baru, dan sistem rem yang ditingkatkan.

Range Rover klasik disulap jadi mobil listrikRange Rover klasik disulap jadi mobil listrik Foto: Autoevolution

Tampilan luar Range Rover klasik versi listrik ini kembali disegarkan. Termasuk bagian interior, diubah sedemikian rupa supaya lebih nyaman untuk para penumpang di dalamnya.

Untuk saat ini, Lunaz tidak mengatakan powertrain listrik apa yang akan digunakan untuk Range Rover ini. Sebagai acuan, Jaguar XK120 menggunakan paket baterai listrik 80 kWh dan motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga 375 dk dan torsi 700 Nm (516 lb-ft).

Rencananya Lunaz akan membuat setidaknya 50 unit Range Rover klasik listrik, dengan banderol mulai £ 245.000 atau setara Rp 4,6 miliar.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)