Minggu, 13 Sep 2020 12:46 WIB

Ketika Mercedes-Benz G-Class Tampil Ceper Ala Mobil Balap

Luthfi Anshori - detikOto
Project Geländewagen Mercedes-Benz G-Class Replika Mercedes-Benz G-Class yang tampil ala mobil balap. Foto: Mercedes-Benz
Jakarta -

Saat pertama kali mendengar nama Mercedes-Benz G-Class, ingatan kita pasti langsung membayangkan sebuah kendaraan SUV, dengan ground clearance tinggi dan warna gelap yang sangar. Tapi tahukah Anda bahwa G-Class ternyata juga bisa tampil ceper ala mobil balap, dikombinasi warna putih yang cerah.

Pada 8 September lalu, Mercedes-Benz baru saja meresmikan Project Geländewagen. Proyek ini adalah hasil kolaborasi pertama antara Mercedes-Benz dan Virgil Abloh, Chief Creative Director, pendiri Off-White dan Men's Artistic Director Louis Vuitton.

Proyek desain konseptual yang dipimpin oleh Chief Design Officer Mercedes-Benz Gorden Wagener dan Virgil Abloh ini menggunakan varian Mercedes-Benz G-Class.

Project Geländewagen Mercedes-Benz G-ClassProject Geländewagen Mercedes-Benz G-Class Foto: Mercedes-Benz

Eksteriornya dibuat sebersih mungkin untuk menekankan siluet G-Class yang ikonik. Kaca spion dan bumper dilepas dan bodi mobil dibuat lebih lebar serta diturunkan, untuk menciptakan efek sporty. Di sisi lain, identitas G-Class tetap dipertahankan, dengan ban cadangan di belakang.

Geser ke bagian dalam, interior bawaan telah dilucuti, dasbor dilepas dan diganti dengan versi lebih minimalis, menggunakan speedometer analog dan indikator bahan bakar yang klasik. Menguatkan tema racing, lingkar kemudi dan jok pun dibuat mirip seperti konfigurasi di mobil Formula 1. Untuk fitur keselamatan, G-Class ini dilengkapi rangka pengaman (roll bar) dan sabuk pengaman di 5 titik.

"Tujuan akhir saya dalam proyek bersama Mercedes-Benz ini adalah menginspirasi para seniman, insinyur, dan desainer muda untuk bereksperimen dengan kemampuan desain saya sendiri," ujar Virgil Abloh.

Project Geländewagen Mercedes-Benz G-ClassProject Geländewagen Mercedes-Benz G-Class Foto: Mercedes-Benz

"Melalui Project Geländewagen, kami membuat sebuah karya seni unik yang menampilkan interpretasi masa depan tentang luxury. Kolaborasi dengan Virgil Abloh menyatukan dua filosofi desain yang berbeda, yang menghasilkan re-imajinasi G-Class yang tak ada duanya, yang tetap mencerminkan kebanggaan akan keistimewaannya model ini," kata Gorden Wagener, Chief Design Officer Mercedes-Benz.

Nantinya Mercedes-Benz G-Class Project Geländewagen ini bakal dilelang dan semua hasil lelang akan disumbangkan kepada komunitas kreatif internasional. Hasil karya seni ini akan dilelang pada Sotheby's Contemporary Curated. Penawaran akan mulai dibuka pada 14 September 2020.

Project Geländewagen Mercedes-Benz G-ClassProject Geländewagen Mercedes-Benz G-Class Foto: Mercedes-Benz


Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com