Kamis, 25 Jun 2020 18:53 WIB

Biaya Pasang Partisi Kabin di Avanza Cs, Harga Mulai Rp 5 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Partisi di mobil MPV Ilustrasi partisi kabin di mobil low MPV. (Delima Jaya)
Jakarta -

Partisi kabin jadi perangkat yang dibutuhkan saat berkendara era new normal. Partisi mobil berfungsi mencegah penularan virus Corona antar penumpang secara langsung melalui droplet (percikan liur). Produsen aftermarket pun mulai berinisiatif memproduksi perangkat ini untuk dipasarkan, contohnya seperti yang dilakukan Delima Jaya.

Perusahaan karoseri yang berbasis di Bogor itu menawarkan perangkat partisi untuk beragam jenis mobil, mulai low MPV, medium MPV, minivan, hingga SUV. Harga perangkat berikut biaya pemasangan dipatok mulai Rp 5 jutaan, sedangkan yang paling mahal Rp 25 juta.

"Orang sekarang lebih banyak pasang partisi untuk alasan keamanan ya, safety buat mencegah penularan COVID-19. Jadi kalau nanti COVID sudah selesai, partisi ini bisa dilepas lagi, balik seperti original, enggak merusak apapun," kata Managing Director Karoseri Delima Jaya Group, Winston Wiyanta, melalui sambungan telepon kepada detikOto, Kamis (25/6/2020).

Partisi di mobil MPVPartisi di mobil MPV Foto: Delima Jaya

Proses intalasi partisi ini dilakukan secara plug n play memanfaatkan baut mobil yang sudah terpasang. Winston mengatakan tidak ada proses pengeboran bodi kendaraan untuk membuat lubang tempat baut pengikat.

"Sementara bahannya kita pakai PVC composite, insulated material. Ketebalan partisinya 25 mm ada juga yang 30 mm menyesuaikan besar ruangannya," lanjutnya lagi.

Lanjut Winston menambahkan, tipe kaca yang digunakan adalah model fixed yang tidak bisa digeser-geser. Namun ia juga mengatakan ada opsi memakai kaca sliding elektrik, dengan risiko harga lebih mahal.

Partisi di Nissan LivinaPartisi di Nissan Livina Foto: Delima Jaya

"Karena itu perlu motor listrik dan perlu slidingnya juga. Harga jadi lebih mahal dan masuk kategori VIP," jelasnya lagi.

Supaya tetap bisa menjalin komunikasi, pilihannya dengan menggunakan alat intercom. "Intercom masuk opsional. Karena ada beberapa kustomer juga yang enggak butuh intercom. Itu kita opsional enggak satu paket, supaya bisa sesuai budget kustomer aja," urainya lagi.

Meski tidak menggunakan intercom, dalam kondisi standar, partisi itu sudah dilengkapi dengan semacam loket yang bisa dibuka. "Kita udah pernah bikin buat Fortuner atau Pajero kalau enggak salah, jadi kita bikin ada loketnya. Jadi kalau mau kasih uang tol atau ngomong sama orang depan tinggal buka loketnya sedikit," tukasnya.

Berikut biaya pemasangan partisi kabin mobil di Delima Jaya, Juni 2020:

Toyota Avanza/Xenia/Luxio/Granmax/Apv/Setara: Rp 5 juta (kaca tempered fixed)

Toyota Innova/Xpander/Livina/Cortez-Confero/Setara: Rp 5,5 juta (kaca tempered fixed)

Toyota Hiace/Hyundai H1/Toyota Voxy/Kia Sedona/Nissan Serena/Setara: Rp 6 juta (kaca tempered fixed)

Toyota Fortuner/Mitsubishi Pajero/Setara: Rp 6,5 juta (kaca tempered fixed)

Toyota Alphard-Vellfire/Mercedes Sprinter-V Class/Nissan Elgrand/VW Caravelle/Setara: Rp. 12,5 juta - Tipe Standard - kaca tempered fixed (non intercom system). Rp 25 juta - Tipe VIP - kaca tempered fixed, wooden accent trim, ambient lighting LED, intercom system, elegant luxury design.

Optional: + Rp 2,5 juta - Intercom wireless 1 set (2pcs) + cigarette lighter socket port 1 pcs



Simak Video " Ini Aturan New Normal bagi Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com