Sabtu, 28 Sep 2019 14:04 WIB

Airlangga Hartarto: Ammdes Bisa Selamatkan Karhutla

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Pameran modifikasi Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 resmi berlangsung hari ini (28/9) hingga besok (29/9) di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Pada pameran kali ini sebuah mobil pedesaan atau AMMDes juga turut dimodifikasi setelah menyaring satu dari ratusan rancangan modifikasi yang turut serta dalam sayembara itu.

Melihat kemungkinan modifikasi AMMDes menjadi sarana berbagai keperluan, Menteri Perindustrian Indonesia, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa AMMDes juga dapat dimodifikasi sebagai pemadam kebakaran hutan.



"AMMDes merupakan solusi dan extender dari berbagai servis. Apakah ambulan, pertanian, perkebunan atau juga karhutla," kata Airlangga dalam kesempatan itu.

Ia menambahkan AMMDes yang berukuran relatif kecil memungkinkan mudahnya layanan masuk ke daerah bermedan sukit dan terpencil. "AMMDes kan multiguna jadi modifikasi penggunaannya dari tadi semen mixer, pemadam kebakaran dan lain-lain. Jadi konsep AMMDes kan feeder untuk daerah offroad dan daerah kecil," imbuhnya.

Dalam kompetisi desain modifikasi yang diadakan melalui AMMDes Digimodz, pemenang utama desainnya diwujudkan di IMX 2019. Karya AMMDes dengan konsep mini mixer truck buatan Dandung Prasojo dari Banyuwangi, Jawa Timur telah dipilih juri sebagai pemenang kompetisi. Modifikasi tersebut berfungsi membantu pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan dengan kawasan yang tak mungkin dimasuki truk berukuran besar.

"Modifikasi AMMDes, ada seratus desain dan diwujudkan satu desain oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI)," tukas Airlangga.

Sebelumnya modifikasi AMMDes dalam bentuk ambulance feeder telah dirasakan oleh Paini, seorang ibu berusia 27 tahun yang melahirkan anaknya dengan selamat. Paini melahirkan anaknya di dalam AMMDes tersebut.

Mengetahui adanya informasi tersebut, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika mengaku terharu. Selain itu dirinya merasa bangga karena AMMDes benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pedesaan.

"Pengembangan AMMDes ambulance feeder ini memang bertujuan agar bisa membantu masyarakat pedesaan dalam upaya pelayanan transportasi kesehatan. Semoga ini juga bisa dimanfaatkan di daerah-daerah lainnya," kata Putu di Jakarta, Jumat (27/9).

Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com