Selasa, 06 Agu 2019 08:17 WIB

d'Happening

Kisah Hardianto, dari Pemulung Jadi Spesialis Interior Mobil Artis

Luthfi Anshori - detikOto
Hardianto Foto: Rengga Sancaya Hardianto Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Nama Hardianto mulai menanjak belakangan ini. Pernah menjadi pemulung, pria ini lalu menggeluti bisnis modifikasi jok mobil. Tekad dan kemauan belajar yang kuat membuat Hardy yang awalnya hidup susah di Jakarta menjadi seorang pebisnis dengan klien papan atas.

Bersama bengkelnya, Classic Car Interior, Hardi sapaan akrabnya mulai menerima order modifikasi dari kalangan artis dan influencer. Hardi pernah merestorasi bagian interior BMW i8 dan Toyota Alphard Youtuber Atta Halilintar. Selain itu ia juga pernah 'mempercantik', jok Toyota Camry Lucinta Luna. Hardi juga merestorasi interior BMW 320 kepunyaan Ammar Zoni. Dan yang baru, ia bakal merombak interior Lamborghini Aventador Raffi Ahmad.

Meski untuk saat ini Hardi terlihat sukses, dan punya banyak pelanggan dari kalangan selebritis ia punya kisah pilu di balik perjuangannya saat merintis karier di Jakarta.

"Tahun 2007 saya mulai merantau ke Jakarta. Alasannya, karena dulu saya itu nakal, ditambah dari keluarga kurang mampu. Akhirnya saya bersama dua orang rekan nekad ke ibu kota," kata Hardi, kepada detikcom, belum lama ini.

Setibanya di ibu kota, Hardi tidak langsung menuju ibu kota. Pria kelahiran Blora ini harus terdampar di Tangerang, dalam waktu beberapa minggu. Bahkan, dirinya juga sempat menjadi tunawisma yang mencari penghidupan dari mengais barang bekas.

"Ya, kurang lebih seperti itu (pernah jadi pemulung). Saya juga pernah jadi kuli proyek di Grogol. Sampai di tahun 2007, saya dapat pekerjaan baru pada bagian jok mobil," ceritanya lagi.

Selama bekerja di bengkel interior mobil, Hardi mengaku mendapat ilmu yang berharga. Mulai di bagian produksi, bagian pemasangan sampai marketing.

"Tahun 2010 saya bikin usaha patungan di MGK Kemayoran. Dan di tahun 2015 membuka usaha di Bekasi sampai sekarang ini," terang Hardi.

Bagaimana kisah Hardi? Tonton d'Happening selengkapnya berikut ini:

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed