Senin, 08 Jul 2019 16:58 WIB

Mobil-mobil Modif Buat Sesak Semarang!

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Pool (Intersport Auto Show) Foto: Pool (Intersport Auto Show)
Semarang - Pencinta modifikasi kota Semarang kembali disuguhkan tampilan mobil-mobil terbaik yang asyik di modifikasi. Dan itu tersaji dalam Intersport Auto Show.

Tahun ini ajang modifikasi ini akan diselenggarakan di 5 kota besar di pulau Jawa, dengan final yang akan berlangsung di Jakarta. Dibuka di Semarang, sebagai seri pertama. Pilihan Semarang tak perlu diragukan lagi, sebab kota ini merupakan salah satu tolak ukur otomotif Indonesia.



Banyak pebalap level nasional lahir di kota Lumpia ini seperti dr. Herry Agung sang legenda balap, diikuti Oldy Ardhana yang sering naik podium slalom. Kota ini juga memiliki pemain modifikasi mobil berpengaruh seperti Arvia Jaya dan Skytec. Bahkan jika kita lihat hari Jumat dan Sabtu malam, komunitas mobil modifikasi berkumpul dan tampil rapi dengan spirit yang tak pernah padam.

modifikasi Mobil Intersport Auto Show 2019 di Semarangmodifikasi Mobil Intersport Auto Show 2019 di Semarang Foto: Pool (Intersport Auto Show)


"Kami adakan ajang ini di tempat terbuka, untuk setiap kota akan diselenggarakan dengan kondisi yang sama. Dan ini akan menjadi ciri khas penyelenggaraan Intersport Auto Show 2019," ungkap Andre Irawan selaku Ketua Panitia Penyelenggara Intersport Auto Show. Seperti rilis yang diterima detikcom

Penyelenggaraan Intersport Auto Show kali ini telah memasuki penyelenggaraan tahun ke-2, dan menggunakan acuan modifikasi standar internasional kontes modifikasi Intersport Auto Show 2019 pada setiap kota yang mengadakannya.



Sebagai gelaran yang selalu ditunggu car enthusiast, Intersport Auto Show mencoba merangkul banyak gaya modifikasi Semarang. Segala aliran ada di sini, baik elegan, retro, off-road dan banyak lainnya. Namun, terjadi perkembangan yang menarik manakala melihat seri pertama Intersport Auto Show Semarang ini, yaitu kuatnya gaya street racing. Estilo hingga FT86. Osaka style sampai yang bermazhab Tokyo JDM.

Jika dibandingkan dengan kota Yogyakarta yang akhir-akhir ini menguat identitas eleganis dan VIP-nya, Semarang juga berhasil menegaskan ciri khasnya. Street racing dengan konsep yang kuat dan detail yang tak main-main.

Modifikasi Intersport auto show 2019 di SemarangModifikasi Intersport auto show 2019 di Semarang Foto: Pool (Intersport Auto Show)


Namun diantara 30 mobil yang terpilih, ikut muncul pemain elegan yang banyak mengaplikasi air suspension (suspensi udara), sleeper car (mobil yang memiliki performa tinggi dengan eksterior yang secara kasat mata terlihat mirip/identik dengan standar.

Konsep modifikasi pada Intersport Auto Show 2019 ini adalah "Proper Car Contest", yakni modifikasi kendaraan tetap mengutamakan unsur kenyamanan dan fungsinya sebagai kendaraan pada umumnya.

Secara platform kategori modifikasi, Intersport Auto Show 2019, 14 mobil berkarakter Street Racing, 3 mobil Retro Racing, 1 mobil VIP dan 12 mobil Elegan, sementara tidak ada satupun yang mengikuti kategori Racing.



Yang sangat menarik adalah perihal asal pelat nomor mobil peserta. Semarang tidak sendiri. 13 mobil dari Semarang (H), ternyata bersaing dengan 1 peserta dari Karesidenan Banyumas (R), 1 mobil dari Bogor (F), 1 dari Karedisenan Pati (K), 1 dari Karesidenan Kedu (AA),

1 dari Solo, 1 dari Bandung (D), 6 dari Jakarta (B), 1 dari Malang (N), 1 dari Surabaya (L), 1 dari (BA), 1 dari (G) dan 1 dari Yogyakarta (B).

Kesemua peserta ini kemudian dihadapkan pada sistem penjurian "Live Judging". Peserta diwajibkan memberikan presentasi kendaraannya di atas panggung yang disiapkan sedemikian rupa agar bisa dilalui masing-masing mobil peserta, dan kemudian sang peserta menjelaskan bagian-bagian yang dimodifikasi hingga secara rinci dan live (langsung) menjelaskan konsep dan eksekusi modifikasinya kepada para juri.

Modifikasi Intersport Auto Show 2019Modifikasi Intersport Auto Show 2019 Foto: Pool (Intersport Auto Show)


"Tujuan dari Live Judging ini adalah untuk menunjukkan acara adalah 'real car enthusiast', bukan sekadar pemilik ikut kontes modif saja, tetapi pemilik benar-benar mengetahui seluk-beluk modifikasi pada mobilnya," ujar Andre Irawan.

Andre pun menambahkan, dengan adanya Live Judging ini akan menjadi semacam edukasi untuk setiap pengunjung untuk mengetahui seluk beluk modifikasi. "Yang utama adalah para pengunjung bisa melek informasi seputaran modifikasi," tutup Andre.

Simak Video "Ketika Taksi Online Disulap Jadi Ruang Karaoke"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed