Minggu, 31 Mar 2019 19:15 WIB

Ketika Mobil Pengangkut Sayur Ikut Dimodifikasi

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Bogor - Di mata modifikator segala macam jenis kendaraan bisa dimodifikasi menjadi sebuah mahakarya dunia otomotif. Bahkan mobil pikap yang biasa digunakan untuk mengangkut sayur ke pasar pun bisa berubah drastis di bawah sentuhan tangan ahli modifikasi.

Kelebihan dari modifikasi pikap sendiri luasnya area modifikasi yang bisa dilakukan terlebih pada bagian baknya. Berbagai instrumen hiburan dengan ukuran raksasa bisa dipasang tanpa susah-susah mencari ruang yang tepat.

"Senang modifikasi pikap karena unik ya, mobil biasa angkut sayur ke pasar bisa ikut kontes modifikasi. Bak belakang bisa diisi banyak bahkan home theater," ujar Bule kepada detikcom dalam kontes modifikasi Bellanova Country Mall Otomotif 2019 di Sentul, Bogor.



Selain itu bagi yang memang suka mejeng di pameran modifikasi untuk dilombakan, segmen ini masih jarang dan selalu menjadi sorotan sendiri bagi juri dan pengunjung. "Kalau mobil pribadi kan banyak, kalau kayak gini kan jarang-jarang, pasti unik dan kalau lomba juga masih sedikit lawannya," lanjut Bule.

Ketika Mobil Pengangkut Sayur Ikutan DimodifikasiFoto: Rizki Pratama


Bagian dalam pikap Bule sendiri bahkan membuat mobil komersil ini menjadi sangat nyaman dan menyenangkan. Bagaimana tidak, sebuah sofa di ujung belakang dan layar besar lengkap dengan audionya akan memanjakan penumpang untuk bersantai.

"Ini seperti home teater tapi di mobil pikap, ada sofa yang saya custom biar pas di sini, dan pastinya TV dan audio komplet," papar Bule.



Untuk kelengkapan hiburan sebanyak itu tentunya harus merombak bagian kelistrikan. Pickup ini setidaknya harus mengganti akinya menjadi aki tower yang diyakini cukup untuk menunjang kebutuhan listrik audio systemnya.

"Mobil ini asyik dipakai acara kopdar. Kalau mau banyak audio harus tambah aki pakai tower dan tentunya harus teliti merapikan perkabelannya karena banyak instrumen audio yang dipasangkan," ungkap Bule.

Namun, Bule mengingatkan kepada calon modifikator pikap untuk selalu menyediakam terpal setiap melakukan perjalanan. Alasannya tentu sudah jelas melindungi system audio dari cuaca buruk seperti hujan. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com