Kamis, 17 Jan 2019 10:35 WIB

Mobil 8 Roda Asal Bandung Tetap Bisa Melaju Mulus

Mochamad Solehudin - detikOto
Mobil Beroda 8. Foto: Mochamad Solehudin Mobil Beroda 8. Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Mobil Toyota All New Limo keluaran 2013 asal Bandung ini terlihat berbeda dengan mobil pada umumnya. Kalau mobil biasanya memiliki empat roda, mobil ini memiliki delapan roda dan hebatnya tetap bisa melaju mulus.

Roni Gunawan, empunya mobil 8 roda ini, mengungkapkan mobil Toyota miliknya itu mendapat sentuhan magis melalui imajinasinya. Dia secara ekstrem mengubah beberapa bagian mobil yang dulunya itu beroperasi sebagai taksi.

Ubahan paling banyak, dia menyebut terdapat di bagian body belakang. Salah satunya, dia menambah jumlah roda di bagian belakang dari dua menjadi enam. Di masing-masing sisi terdapat tiga roda dengan posisi dua ban di bawah dan satu lagi berada di atas. Uniknya semua roda di bagian belakang itu bisa bergerak.



"(Ban) yang di atas kan bisa berputar. Supaya nempel terus (ban satu dengan lainnya) ditarik sama per (yang berada di bagian tengah)," ucapnya, saat ditemui, di GR Taksi, Jalan Babakan Cibeureum, Kota Bandung, Rabu (16/1/2019).

Dia mengungkapkan, meski mobil ini memiliki delapan roda, kenyamanannya tetap tidak bisa diragukan. Mobil ini tetap bisa melaju dengan baik bahkan bermanuver seperti mobil umumnya.

"Ini belum dicoba di jalan raya (secara langsung). Tapi kenyamanan berkendara saya rasa nggak ada gangguan. Hanya bobot saja nambah karena ada tamabahan ban," ucapnya.



Bahkan saat detikOto melihat secara langsung uji cobanya, mobil itu terlihat cukup stabil. Mobil itu mampu melakukan drift. Hanya memang perlu ada beberapa perbaikan.

"Nanti kita tambah rem tangan satu lagi. Supaya nanti bannya ini semua bisa berhenti nggak kayak sekang kan, ban belakang yang ada di depan masih berputar saat di rem tangan," ucapnya.

Sebelumnya, Roni juga sudah membuat modifikasi mobil nyeleneh. Dia pernah membuat mobil bermuka dua yang beberapa waktu lalu sempat viral. Kini, Roni membuat modifikasi mobil nyeleneh lagi dengan kehadiran mobil 8 roda. (mso/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya