Rabu, 05 Sep 2018 16:22 WIB

Ini Bagian Paling Sulit saat Memasang Audio Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Boleh saja memodifikasi mobil sesuai selera. Namun kurang rapinya pengerjaan dan pemilihan part yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan fatal pada mobil kesayangan anda mulai dari kurangnya kenyamanan saat berkendara hingga mati total.

Salah satu bagian yang cukup sering diubah adalah sarana hiburan mobil seperti audio. Memang hampir semua mobil yang sekarang beredar di pasar sudah dilengkapi dengan sarana multimedia minimal head unit dan beberapa unit speaker. Namun bagi sejumlah pemilik mobil seperangkat audio mobil yang dibawa dari pabrik belum cukup bagi mereka.

Mengganti head unit, menambah speaker, subwoofer, dan pre amp untuk menambah hasil suara yang dihasilkan sudah menjadi kebutuhan bagi mereka yang tidak bisa lepas dari musik saat berkendara. Perangkat audio yang disebut di atas adalah barang elektronik yang tentu saja erat kaitannya dengan kelistrikan mobil.



Pada saat pemasangan audio akan ada penambahan kabel kabel beraliran listrik untuk menyuplai daya pada pengeras suara yang dipasang pada mobil.

"Dalam pemasangan audio hal yang paling sulit adalah saat memasukkan dan menyusun kabel. Kabel untuk audio pun juga beragam sesuai tingkat ketahanan dan kemampuan mengirimkan daya listrik. Setiap mobil memiliki struktur yang berbeda sehingga membutuhkan pemahaman tentang mobil yang akan dipasangi seperangkat audio," ujar pemilik bengkel audio Le Mans Car, Sihwaningsih.



Hal terburuk yang dapat terjadi ketika kurang rapi dan bagusnya penempatan kabel audio adalah kebakaran. Pemilihan kabel yang bagus juga akan meminimalisir resiko terjadinya arus pendek yang dapat menyebabkan korsleting atau kebakaran.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed