Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 04 Desember 2017, 14:03 WIB

Pelihara Mobil Tua Tak Begitu Sulit

Ruly Kurniawan - detikOto
Pelihara Mobil Tua Tak Begitu Sulit Garasi Kedai Built Up. Foto: Ruly Kurniawan
Bekasi - Pemeliharaan merupakan salah satu perhatian utama untuk membeli mobil. Terlebih, untuk yang menggemari mobil tua bergaya klasik atau retro.

Tapi tahu tidak sih, Otolovers, ternyata mobil tua meskipun sering ngambek pemeliharaannya cukup mudah lho. Salah satu kolektor dan pencinta mobil klasik, Helmy, menuturkan hal itu.

"Pemeliharannya cukup mudah karena kan tidak injeksi, masih karbu. Kalau rusak, dandaninnya enak," kata Helmy kepada detikOto saat ditemui di markasnya, Kedai Built Up di Bekasi, Jawa Barat beberapa waktu lalu.



Katanya, mobil seperti itu paling sering ngambek karena pengapiannya. "Tapi karena sparepart-nya cukup terjangkau, jadi tidak terlalu sulit," kata Helmy.

Berbagai part tambahan mobil seperti itu khususnya yang keluaran dari Jepang, sudah cukup banyak tersedia di komunitas dan bengkel umum tertentu.

"Untuk sparepart kebanyakan dari komunitas karena saya juga dekat dengan berbagai komunitas. Jadi tidak terlalu sulit," ungkapnya.



"Kalau sudah mentok, ya inden," tambah Helmy.

Saat ini, ia memiliki lebih dari 25 mobil tua gaya klasik dan retro di garasinya. Sebut saja BMW 2002 lansiran 1971, berbagai mobil Toyota Corolla DX, berbagai Toyota Corolla Sprinter sampai tahun 1984, Simca, Toyota Crown, Toyota Carina, Mercedes-Benz Batman 220s, Mercedes-Benz C240, hingga Toyota Crown lansiran 1967. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed