Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 11 Oktober 2017, 16:22 WIB

Ngebengkel by detikOto

Karya Rumah Modifikasi Asal Bandung Ini Keren!

Ruly Kurniawan - detikOto
Karya Rumah Modifikasi Asal Bandung Ini Keren! Foto: Dadan Kuswaraharja
Bandung -

[Gambas:Video 20detik]

Perjalanan detikOto mencari bengkel-bengkel yang menghasilkan mobil keren tiba di Bandung. Berangkat dari kegemarannya di dunia otomotif, pada 2006 lalu Yosef Bee mendirikan suatu rumah modifikasi. Bertempat di kawasan Bandung, Yosef menamakan bengkelnya tersebut H2Obodywork.

"Saya terinspirasi dari sifat air yang menjadi kebutuhan semua orang. Diharapkan H20 ini dapat seperti itu," ucap Yosef kepada detikOto di markasnya, Jalan Muarasari I, Kb. Lega, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Meskipun hanya memiliki tujuh teknisi untuk memodifikasi bagian eksterior, interior, hingga mesin mobil, bengkel modifikasi rumahan buatan Yosef dapat menampung 4-5 kendaraan. Bahkan, bengkelnya tersebut telah mendapatkan beberapa penghargaan lokal maupun nasional. Yosef tidak menimba ilmu modifikasi secara khusus, dia melakukannya secara otodidak. "Saya dari dulu memang suka ngegambar, pas sekolah sering jadi perwakilan sekolah," kenangnya.

Yosef Bee dari H2ObodyworkYosef Bee dari H2Obodywork Foto: Dadan Kuswaraharja


"Seluruh karya kita handmade dan cukup cepat, hanya memakan waktu sekitar 3-5 bulanan tergantung tingkat reparasinya. Dan pekerjaannya dilakukan sedetail mungkin tanpa merusak komponen orisinil dan fungsinya. Maka beberapa penghargaan sudah mampir di bengkel kita," lanjut Yosef.

Pada awalnya, H2Obodywork hanya mengerjakan mobil berjenis city car saja dengan kiblat mobil race atau sport. Namun kini ia sudah dapat menampung segala jenis mobil buatan Eropa, Amerika, ataupun Jepang.

Dengan penghargaan yang ia terima, nama dari bengkel modifikasi rumahan asal Bandung tersebut sudah mulai tersebar ke berbagai kota di Indonesia, bahkan luar negeri.

Yosef Bee dari H2ObodyworkYosef Bee dari H2Obodywork Foto: Dadan Kuswaraharja


"Sampai saat ini konsumen H2Obodywork sudah sampai Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan berbagai kota besar lainnya. Bahkan kemarin sempat melayani orang Thailand dan Arab Saudi juga," papar Yosef.


"Untuk konsumen jauh bila modifikasi ringan seperti pintu aja, kita bisa kirim barangnya saja. Tapi akan terus di follow up hingga pemasangan selesai. Kalau rumit, biasanya tim kita ada yang kesana atau mobil tersebut yang kesini," katanya lagi.

Lantas bagaimana dengan harga? Untuk prihal ini, Yosef mengatakan bahwa variasinya beragam dari yang paling murah hingga mahal.

"Kalau pergantian pintu saja, itu bisa Rp 2-3 juta untuk jasa di luar barang (pintu). Tapi kalau sudah modifikasi menyeluruh bisa habis Rp 300 juta seperti CR-Z Super Street yang kita pajang beberapa waktu lalu," katanya.



"Bagi kami, modifikasi mobil bukanlah hanya sekedar merubah bentuk. Pada dasarnya, nilai artistik, harmonisasi, fungsi dan detailing adalah bagian inti dari modifikasi, khususnya modifikasi mobil," ujar Yosef yang memulai modifikasi pada sebuah Honda Prestige. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed