Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 30 September 2016, 09:17 WIB

Modif Honda Brio Satya yang Terinspirasi Film Batman

Dina Rayanti - detikOto
Modif Honda Brio Satya yang Terinspirasi Film Batman Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Pada kontes modifikasi yang digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) ada satu mobil yang dimodifikasi ekstrem. Honda Brio Satya keluaran 2014 bertransmis manual ini diubah ala film Batman dan menggunakan 6 roda oleh seorang warga Cikarang bernama Farid.

"Sebenernya terinspirasi dari film Batman ada pintunya yang suka anak saya (film batman) tapi saya yang mau," ujar Farid kepada wartawan di Mall Taman Anggrek, Jakarta.

Mobil ini memakan waktu hingga 4 bulan untuk mengubahnya dari roda empat menjadi roda enam. Farid tak sendiri, ia dibantu bengkel dari Yogyakarta untuk memodifikasi Brio miliknya ini.

"Kalau sampai roda 6 itu 4 bulan, jadi ini mobil sebenernya udah jadi seperti ini, udah beberapa kali ikut kontes juga cuma belum dapat hasil maksimal jadi saya mikir gimana dapat hasil yang terbaik dari dapat masukan dari bengkel saya di Yogya, saya tinggal di Cikarang ada masukan dari bengkel Yogya untuk bikin roda 6. Buat Honda itu sesuatu yang belum pernah dibikin akhirnya dibikinlah dari pertengahan puasa kemarin baru selesai kemarin jadi debut pertama honda roda 6 mungkin di sini kali ya," jelas Farid.

Beberapa perubahan yang dilakukan Farid diantaranya bisa menyalakan dan mematikan mesin dari gadget, menutup pintu dari gadget, full airbrush model indian, warna candy hijau, pakai air suspension 4 titik, Playstation 2, TV 32 inch, TV 4 inch ada 7, TV 14 inch, Subwoofer ada 7. Sementara itu mesin masih menggunakan standar Brio 1.200 cc hanya saja ditambah turbo sehingga bisa menyemburkan tenaga yang tadinya hanya 80 tenaga kuda naik 118 tenaga kuda.

Namun mobil ini hanya bisa berlari sekitar 40 km/jam karena kondisi beban yang berat. Dengan dilakukan beberapa penambahan, bobot Brio miliknya naik sekitar 30 persen.

Setelah dimodif, mobil ini menjadi terbatas pemakaiannya hanya di sekitar komplek rumahnya saja. Namun Farid mengaku, mobilnya tidak diparkir di rumahnya melainkan di Yogya.

"Sebenenarmya saya jalanin buat hobi, kalau ke pasar udah nggak mungkin tapi kalau buat muter-muter komplek bisa. Mobil saya taruh di Yogya karena saya sendiri gak sanggup ngurusinnya takutnya kalau di rumah tuh agak susah masuk ke garasi nah saya parkir depan rumah ada anak-anak teman anak saya datang dibaretin itu yang bikin saya aduh gimana," ungkap Farid.

Farid mengaku sudah menghabiskan lebih dari Rp 500 juta untuk memodifikasi Brionya menjadi unik. Selain itu mobil ini juga pernah menjuarai berbagai kontes di Indonesia misalnya HIN di Semarang, Solo, Cirebon, HIN Final Battle 2015.

"Belum hitung tapi kalau estimasi saya Rp 500-800 juta," tuturnya. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed