Kode Chery Luncurkan SUV Listrik di RI Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Kode Chery Luncurkan SUV Listrik di RI Tahun Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 19 Jan 2023 16:13 WIB
Chery Omoda 5 mulai diproduksi
Chery Omoda 5 (Foto: doc. Chery International)
Jakarta -

Merek otomotif asal China, Chery, tak mau membawa mobil listrik kecil murah meriah pesaing Wuling Air ev ke Indonesia. Chery lebih memilih mobil listrik yang secara segmen lebih premium.

Pilihannya adalah Chery Omoda 5 EV. Mobil ini akan melakoni debut di Eropa. President Director PT Chery Sales Indonesia, Shawn Xu, menjanjikan pihaknya akan membawa mobil listrik tersebut ke Indonesia.

"Untuk OMODA 5, Chery tidak hanya mempertimbangkan HEV (hybrid) tetapi juga PHEV (plug in hybrid) dan EV (listrik). OMODA 5 EV adalah model pertama yang memasuki Eropa yang telah lulus sertifikat bintang 5 E-NCAP," kata Shawn.

Dia memberikan kode SUV listrik itu akan masuk Indonesia tahun ini. Sebab, dia bilang akhir tahun ini Omoda 5 EV akan hadir versi setir kanan.

"Akhir tahun ini akan disiapkan untuk pasar setir kanan," ujarnya.

Shawn menjelaskan, pihaknya memilih Omoda 5 EV sebagai mobil listrik yang masuk Indonesia karena model tersebut diklaim memiliki standar tinggi. Pilihan mobil ini juga untuk membangun citra dan reputasi merek Chery. Selain versi listrik, Chery juga akan membawa Omoda 5 versi hybrid ke Indonesia.

"Untuk PHEV akan kami perkenalkan juga untuk pasar Indonesia," sambungnya.

Sementara itu, Shawn memang mengakui jika Chery memperkenalkan mobil listrik murah meriah pesaing Wuling Air ev, volume penjualannya mungkin akan meningkat tajam. Namun, strategi Chery bukan hanya soal volume penjualan. Shawn menegaskan, pihaknya kini lebih fokus membangun citra merek (brand image) terlebih dahulu.

"Anda tahu setiap merek punya konsentrasi berbeda. Kami konsentrasi pada target utama kami, yaitu target (segmen) konsumen premium. Jadi alasan itu, kami belum mau memperkenalkan EQ1 pada tahap awal untuk (menjual EV)," ujar Shawn.

"Ya kami tahu volumenya akan sangat tinggi. Tapi dalam hal branding, kami melihat lebih baik memperkenalkan Omoda 5 EV untuk menjadi mobil listrik pertama kami untuk masuk ke pasar Indonesia," ucapnya.

"Jadi, saya bisa bilang, kami tidak perlu terburu-buru dalam hal mengejar volume penjualan, itu bukan gaya Chery. Kami konsentrasi untuk membangun branding. Jika membangun branding dan konsumen menerima bahwa kami adalah merek premium, dan mereka puas, mereka menggunakannya, mereka menyetir mobilnya, itu sudah sangat sukses bagi kami. Dan kami bisa memperkenalkan model lainnya untuk mengejar volume penjualan," jelas Shawn.



Simak Video "Tantang CR-V, Kenapa Chery Berani Jual Mobil di Kelas Premium?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT