Susah Payah Honda Brio Jadi Mobil Terlaris: Permintaan Tinggi, Chip Masih Langka

ADVERTISEMENT

Susah Payah Honda Brio Jadi Mobil Terlaris: Permintaan Tinggi, Chip Masih Langka

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 18 Jan 2023 21:25 WIB
Jakarta -

Honda Brio menggeser posisi Avanza dari daftar mobil terlaris 2022. Brio sanggup menyalip Avanza di bulan terakhir tahun 2022. Bila pada periode Januari-November, Avanza masih di posisi puncak mobil terlaris maka pada Desember digeser Brio.

Tercatat dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Brio yang merupakan gabungan dari model RS dan Satya mencapai 61.025 unit. Selisihnya dengan Avanza sangat tipis yakni 401 unit. Avanza sepanjang Januari-Desember membukukan penjualan sebanyak 60.624 unit.

Penjualan wholesales Honda Brio tersebut meningkat sebesar 36% dibanding tahun 2021 lalu. Sementara secara retail, penjualan Honda Brio tercatat sebanyak 60.532 unit pada tahun 2022, yang juga lebih tinggi 34% dibanding tahun sebelumnya.

Adapun perjuangan Honda Brio menjadi mobil terlaris tahun 2022 tidak mudah. Honda sendiri masih bergelut dengan krisis chip semikonduktor. Hal ini membuat inden Honda Brio masih mengular.

Honda BrioHonda Brio Foto: Honda Prospect Motor

"Kami bersyukur bahwa permintaan untuk Honda Brio terus tinggi di sepanjang tahun 2022 lalu, sehingga kami berusaha untuk memaksimalkan kapasitas produksi di kedua pabrik kami untuk Honda Brio," jelas Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam keterangannya.

"Kami juga menyadari bahwa keterbatasan pasokan komponen membuat kami belum dapat sepenuhnya memenuhi permintaan konsumen hingga saat ini, dan kami akan terus berusaha untuk dapat secepat-cepatnya memenuhi seluruh permintaan dari konsumen untuk Honda Brio dan model-model Honda lainnya di tahun ini," lanjut Billy.

Brio bukan satu-satunya mobil Honda yang masuk ke jajaran mobil terlaris di Indonesia. Selain Brio, tercatat ada BR-V dan HR-V yang masing-masing menghuni posisi ke-11 dan ke-13 dari 20 mobil terlaris se-Indonesia.

Secara keseluruhan penjualan mobil secara retail di Indonesia mencapai 1.013.582 unit. Sekadar perbandingan, pada tahun 2019 angka penjualan mobil di Indonesia mencapai 1.043.017 unit.

(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT