Harga Baterai Tembus Rp 540 Juta, Segini Biaya Servis Toyota bZ4X

ADVERTISEMENT

Harga Baterai Tembus Rp 540 Juta, Segini Biaya Servis Toyota bZ4X

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 11 Jan 2023 07:36 WIB
Jakarta -

Biaya perawatan dan suku cadang merupakan salah satu faktor pertimbangan sebelum membeli mobil. Terutama bagi kamu yang tengah mengincar mobil listrik. Mobil listrik disebut lebih hemat dari sisi perawatan karena memiliki komponen lebih sedikit. Belum lagi sejumlah pabrikan menggratiskan biaya perawatan untuk periode waktu tertentu.

Salah satu contohnya adalah Toyota bZ4X. Toyota menggratiskan biaya jasa dan suku cadang sampai servis ke-7 atau 3 tahun. Dalam laman resmi Toyota Astra Motor, tertulis biaya servis baru dikenakan pada periode ke-8. Berikut rincian biaya servis Toyota bZ4X setelah tahun ke-3.

  • Servis ke-8: Rp 874.485
  • Servis ke-9: Rp 2.737.972
  • Servis ke-10: Rp 874.485
  • Servis ke-11: Rp 2.623.481

Perlu dicatat, harga yang tertera bersifat estimasi. Bukan tidak mungkin biayanya lebih mahal lagi karena ada pergantian komponen di luar waktu. Harga yang tertera juga sudah termasuk pajak.

Selain biaya servis, sorotan lain mobil listrik adalah harga baterainya. Maklum, baterai merupakan 'nyawa' mobil listrik. Untuk Toyota bZ4X, harga baterainya terbilang cukup mahal. Bahkan setengah dari harga mobilnya itu sendiri.

"Kalau bZ4X kurang lebih harganya 1/2 dari harga mobilnya, Rp 540 juta," jelas seorang sumber detikOto.

Kendati harga baterainya cukup tinggi, konsumen tidak perlu khawatir karena Toyota memberikan garansi hingga 8 tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu). Garansi tersebut berlaku untuk penggantian maupun kerusakan. Klaim garansi tersebut bisa dilakukan konsumen di seluruh jaringan dealer Toyota se-Indonesia.

"Ya tidak perlu khawatir. karena kita justru memperpanjang warranty battery baik bz4x dari 5 tahun menjadi 8 tahun. jadi selama 8 tahun kalau ada problem, defect, dan lain-lain dari baterainya, pasti akan kita replace," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dikonfirmasi terpisah.

(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT