Dear Masyarakat, Kendaraan Ramah Lingkungan Itu Bukan Cuma Listrik!

ADVERTISEMENT

Dear Masyarakat, Kendaraan Ramah Lingkungan Itu Bukan Cuma Listrik!

Tim detikOto - detikOto
Sabtu, 10 Des 2022 11:23 WIB
Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmy Suwandy, Suraniwati Tjandrasa Finance Director PT Toyota-Astra Motor dan Takeshi Yamakawa Finance Director PT Toyota-Astra Motor saat peluncuran Toyota bZ4X di Jakarta, Kamis (10/11/2022).
Toyota bZ4X Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Dewasa ini pemerintah terus menggencarkan kepada masyarakat untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Tentu ini bukan tanpa tujuan, karena selain untuk bisa menekan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM), pemerintah memiliki rencana untuk wujudkan Net Zero Emission pada 2060.

Toyota-Astra Motor menjelaskan niatan pemerintah tersebut perlu diapresiasi dan didukung, kendati demikian untuk mewujudkan Net Zero Emission bisa dilakukan dengan berbagai cara, bukan hanya menggunakan kendaraan listrik.

Karena menurut Toyota, kebutuhan masyarakat beragam dan semua kebutuhan mobilitas ini harus memiliki emisi rendah, seperti yang disampaikan Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

"Kita selalu punya multi-pathway, ada BEV, Plug-in Hybrid, dan hybrid. Kenapa sih musti tiga? Dengan ada teknologi fuel yang renable energy (Energi yang terbarukan bisa ikut menekan emisi)," kata Hendry.

Toyota bZ4X di Nusa Dua BaliToyota bZ4X di Nusa Dua Bali Foto: dok. Toyota Indonesia

"Kita lihat kebutuhan masyarakat itu bervariasi, karena ada orang yang pakai jangka pendek tapi kadang-kadang jauh (untuk berpergian jauh). Jadi kalau kita lihat paling efektif plug in hybrid (menggunakan kendaraan) kalau penggunaannya seperti itu," ucap Hendry menambahkan.

"Kan pengendara Indonesia penggunanya sangat bervariasi. Jadi oleh karena itu, kita juga sangat consider masukannya (banyak yang menyarankan untuk memperbanyak lineup kendaraan listrik), nanti tahun depan ada jawabannya," Hendry menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Hendry juga mengatakan Toyota sudah sejak 2013 mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Tercatat sudah Toyota di Indonesia telah menekan emisi gas buang hingga 8.500 ton CO2 sejak 2013.



Simak Video "Nggak Mau Kalah dari Ioniq 5, Toyota bZ4X Akan Diproduksi Lokal Juga?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT