China Bakal Jual Wuling Air ev, Dikirim dari Cikarang?

ADVERTISEMENT

China Bakal Jual Wuling Air ev, Dikirim dari Cikarang?

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 10 Des 2022 10:49 WIB
Mobil Listrik Wuling Air-ev
Indonesia merupakan negara pertama yang menjual Wuling Air ev. Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Jakarta -

Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan mobil listrik Wuling Air ev. Mobil berukuran mungil itu pertama kali meluncur pada Agustus 2022. Kabarnya setelah Indonesia, negara asal Wuling juga siap meluncurkan mobil listrik Air ev.

Mengutip pemberitaan Car News China, Wuling disebut telah membuka pemesanan untuk mobil listrik Wuling Air ev. Di sisi lain, Wuling juga sempat menyebut bahwa akan melakukan ekspor untuk Air ev. Akankah Wuling Air ev yang dijual di China itu diproduksi di Cikarang?

Menanggapi hal itu, Brand and Marketing Director Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani mengatakan bahwa kalaupun dijual di China produksi Air ev akan dilakukan di Negeri Tirai Bambu tersebut. Mengingat China menggunakan setir kiri, tak seperti di Indonesia setir kanan.

"Tetap produksinya di sana kalau dijual di China karena di China kan platformnya setir kiri. Kita tunggu kabar dari Head Quarter, tapi basis platformnya dari yang Indonesia tapi produksinya setir kiri," jelas Dian saat berbincang dengan detikOto.

Mobil Listrik Wuling Air ev untuk KTT G20 BaliMobil Listrik Wuling Air ev untuk KTT G20 Bali Foto: dok. Wuling

Di China kabarnya Wuling Air ev akan ditawarkan dalam dua versi yakni 2-seater dan 4-seater. Versi 2-seater akan ditaksir bakal dijual dengan harga 55.000 yuan atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 123 jutaan (1 yuan = Rp 2.242). Sementara versi 4-seater akan ditawarkan dengan harga 65.000 yuan yang kalau dirupiahkan senilai Rp 145 jutaan. Harga itu masih bersifat estimasi. Wuling disebut akan mengumumkan harga resmi Air ev pada Desember ini.

Sebagai perbandingan, di Indonesia Wuling Air ev termurah dibanderol Rp 238 juta sampai yang termahal Rp 311 juta. Wuling Air ev di China akan dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 40 daya kuda untuk opsi 2-seater. Sementara varian 4-seater dibekali motor listrik bertenaga 68 daya kuda. Motor listrik itu dikawinkan dengan baterai lithium-iron-fosfat dan bisa menempuh kecepatan maksimal 100 km/jam.

Dari sisi dimensi, Wuling Air ev versi 2-seater terlihat sedikit lebih pendek. Untuk konfigurasi 2-seater disebut memiliki panjang 2.599 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, jarak sumbu roda 1.635 mm dengan bobot 760 kg. Sedangkan versi 4-seater panjangnya 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, serta jarak sumbu roda 2.010 mm. Bobot Wuling Air ev versi 4-seater ini lebih berat 100 kg yakni 860 kg.



Simak Video "Jadi Mobil Listrik Paling Terjangkau, Siapa Pembeli Wuling Air ev?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT