Anggota DPR Usul Pemerintah Subsidi Mobil Listrik Esemka

ADVERTISEMENT

Anggota DPR Usul Pemerintah Subsidi Mobil Listrik Esemka

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 06 Des 2022 16:23 WIB
Logo Esemka
Mobil listrik Esemka diusulkan dapat subsidi (Foto: Ridwan Arifin/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk kendaraan listrik. Mobil listrik Esemka diusulkan mendapatkan subsidi.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Dia mengusulkan, pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik produk Esemka. Sebab, menurutnya subsidi yang disalurkan akan bermanfaat bagi pengembangan industri otomotif dalam negeri.

"Daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik buatan luar negeri, lebih baik Pemerintah mensubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa," kata Mulyanto dalam keterangan tertulisnya, dikutip detikOto, Selasa (6/12/2022).

Lebih lanjut, Mulyanto meminta pemerintah jangan melupakan keberadaan mobil Esemka. Apalagi, peluncuran mobil ini beberapa waktu lalu dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya yakin masyarakat akan menyambut baik usul pemberian subsidi pembelian mobil listrik Esemka ini," kata Mulyanto.

"Masyarakat akan berbondong-bondong memenuhi dealer-dealer penjualan mobil Esemka di mana pun berada. Dulu saja, tanpa ada subsidi, pesanannya sudah mencapai 60 ribu unit. Apalagi nanti kalau sudah diberi subsidi, saya perkirakan jumlah pesanannya bisa sampai tiga atau empat kali lipat," seloroh politisi Fraksi PKS itu.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto (Dok Istimewa)Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto (Dok Istimewa) Foto: Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto (Dok Istimewa)


Selain itu, lanjut Mulyanto, subsidi pembelian mobil listrikEsemkaini akan berdampak baik kepada pertumbuhan ekonomi nasional. Karena semakin banyak subsidi, semakin banyak orang yang pesan mobilEsemka. Selanjutnya makin banyak pula tenaga kerja yang terserap.

"Ini akan menjadi momentum kebangkitan industri otomotif nasional. Dan sebagai anak bangsa, kita semua pasti akan dukung. Malaysia dan Vietnam saja bakal 'mental' melihat perkembangan ini," ujarnya.

Esemka memang disebut akan menggarap proyek mobil listrik. Pada Februari 2021 lalu, Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Sabar Budi, mengatakan Esemka sudah punya prototipe mobil listrik. Sayangnya, pengembangan prototipe mobil listrik Esemka terbentur kondisi pandemi COVID-19. Menurut Sabar, pembatasan orang di kawasan pabrik Esemka demi menerapkan protokol kesehatan membuat pengembangan mobil Esemka tertunda.

Kata dia, mobil listrik Esemka kemungkinan akan menggunakan basis Esemka Bima. Saat ini, mobil Esemka yang sudah dijual adalah mobil pikap Esemka Bima.



Simak Video "RI Subsidi Rp 80 Juta untuk Mobil Listrik, Bagaimana Negara Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT