Unit Terbatas! Toyota GR Corolla Debut di ASEAN, Harga Tembus Rp 1,7 Miliar

ADVERTISEMENT

Unit Terbatas! Toyota GR Corolla Debut di ASEAN, Harga Tembus Rp 1,7 Miliar

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 04 Des 2022 19:05 WIB
GR Corolla debut di ASEAN
Toyota GR Corolla debut di ASEAN Foto: Dok. Motorexpo Thailand
Jakarta -

Toyota GR Corolla melakukan debutnya di pasar Asia Tenggara. Mobil itu resmi meluncur perdana dalam gelaran 39th Thailand International Motor Expo 2022.

Pasar Thailand hanya mendapat jatah 9 unit yang diimpor utuh dari Jepang. Menurut Carscoops, GR Corolla bakal diproduksi sebanyak 8.600 unit, tapi 6.600 unit di antaranya hanya dijual ke Amerika Serikat.

GR Corolla ini bukan dari basis mobil sedan Corolla Altis, ataupun SUV Corolla Cross seperti yang dijual di Indonesia. Mobil ini merupakan hatchback dengan aura sporty yang kental.

Selain itu, GR Corolla dibangun di atas platform TNGA-C Toyota, dengan penguatan bingkai yang dikembangkan khusus untuk GR Corolla oleh Gazoo Racing di pabrik Toyota Motomachi, Jepang.

Dalam hal spesifikasi, GR Corolla ditenagai oleh mesin bensin tiga silinder G16E-GTS 1.6 liter turbocharged yang sama dengan yang ditemukan di GR Yaris. Di atas kertas, mobil ini bisa memuntahkan tenaga 300 PS dan torsi 370 Nm.

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual enam kecepatan (dengan auto rev-matching) dan sistem penggerak semua roda GR-Four dengan opsi tiga mode; Normal, Sport, dan Track. Performa gahar itu memungkinkan GR Corolla melesat dari titik 0-100 km/jam hanya dalam 5,5 detik.

GR Corolla spek Thailand juga mendapatkan kap berventilasi dan atap replika serat karbon, ini merupakan standar pada GR Corolla Edisi Sirkuit yang dijual di Amerika Serikat.

Pilihan warnanya terbatas! hanya Ice Cap White dan Precious Black. Sedangkan tema interiornya adalah Black Smoke atau Ignition Red. Soal harga, GR Corolla ini dijual 3.949.000 baht atau sekitar Rp 1,7 miliaran!

Selain GR Corolla, mobil edisi terbatas global yang juga dijual di pasar ASEAN khusus WRC (World Rally Championship) sebelumnya ialah Toyota GR Yaris. Mobil itu hanya diproduksi 25 ribu unit secara global. Beda dengan GR Corolla, GR Yaris menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B dan C.

Jumlah GR Yaris yang terbatas jadi rebutan para kolektor, termasuk di Indonesia, yang hanya mendapat jatah 126 unit.

Resminya GR Corolla di Thailand, membuat mobil beraura sporty itu semakin dekat dengan Indonesia. Saat ini belum ada informasi pasti kehadiran GR Corolla di Indonesia. Yang jelas, saat ini Toyota Astra Motor sudah menjual beberapa mobil berperforma tinggi seperti GR Yaris, GR Supra serta GR 86. Mungkinkah selanjutnya GR Corolla?



Simak Video "Hanya 9 Unit di ASEAN, Berapa Harga Toyota GR Corolla?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT