Intip Spek & Harga Toyota Kijang Pertama: Mesin 1.166cc, Cuma Rp 1 Jutaan

ADVERTISEMENT

Intip Spek & Harga Toyota Kijang Pertama: Mesin 1.166cc, Cuma Rp 1 Jutaan

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 30 Nov 2022 15:53 WIB
Kijang Buaya, Mobil Legendaris di Indonesia
Toyota Kijang Buaya. Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta -

Sudah banyak ubahan yang dilalui Toyota Kijang. Tentunya perubahan itu dilakukan mengikuti perkembangan zaman. Toyota Kijang pertama kali lahir sebagai kendaraan komersial. Di bagian belakang mobil terpasang bak untuk mengangkut barang.

Dalam keterangan resmi Toyota, Kijang dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan seiring dengan kebijakan industrialisasi pemerintah dan mengisi kebutuhan ragam transportasi di Tanah Air.

Dalam pengembangannya, ada empat poin utama yang selalu ditanamkan Toyota yakni bisa berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi Indonesia, menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan perakitan lokal sekaligus meningkatkan penggunaan komponen lokal.

Toyota juga ingin menghadirkan transportasi yang murah dan fungsional, terakhir Kijang bisa menyasar konsumen yang lebih luas lantaran multifungsi.

Kalau sekarang sudah mengusung teknologi hybrid, Toyota Kijang generasi pertama mengusung mesin 3K berkapasitas 1.166 cc. Mesin itu memiliki tenaga 61 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi 8,7 kg.m pada putaran 4.200 rpm.

Toyota Kijang generasi pertama tersebut memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.550 mm, tinggi 1.760 mm. Kemudian untuk dek di belakang, panjangnya 1.885 mm, lebar 1.460 mm, tinggi 400 mm. Dengan bobot 940 kg, Toyota Kijang generasi pertama memiliki kapasitas angkut sebesar 855 kg. Kemudian bannya berukuran 13 inchi.

Kijang pertama kali dirakit oleh PT Multi-Astra sebagai perakit mobil Toyota di Indonesia. Mesin, transmisi, sasis, serta komponen lainnya akan disuplai langsung dari Jepang.

Sementara kabin, dek, frame, serta komponen pendukung lain akan diproduksi oleh PT Toyota-Mobilindo. Sejak pertama, Toyota Kijang menggunakan aki, ban, serta komponen lain dibuat di Indonesia.

Toyota Kijang memiliki desain yang unik agar semua dek cocok dipasang di bagian belakang mobil. Saat perdana meluncur tahun 1977, Kijang ditargetkan bisa terjual 200 unit setiap bulannya. Harga Kijang saat itu Rp 1,3 juta.



Simak Video "Innova Pakai FWD, Toyota Nggak Takut Konsumen Kabur?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT