Jangan Kaget, Segini Harga Baterai Hybrid Innova Zenix

ADVERTISEMENT

Jangan Kaget, Segini Harga Baterai Hybrid Innova Zenix

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 27 Nov 2022 08:05 WIB
Jakarta -

Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi mobil elektrifikasi termurah dari Toyota. Namun berapa harga baterainya?

"Memang untuk harga baterai kita di kisaran (estimasi) Rp 30 jutaan. Tapi sekali lagi 8 tahun garansi baterai," ujar Herry Darmasaputra, Area Business Manager Auto2000 Northwest di Jakarta Utara, Jumat (25/11/2022).

Untuk menjamin ketangguhan baterai, Toyota juga memberikan garansi untuk baterai All New Kijang Innova Zenix selama 8 tahun atau 160.000 km (mana yang lebih dulu).

"Jadi memang Toyota berkomitmen untuk membuat baterai tambah tahun, tambah produk, tambah masa, tambah murah dan bisa dipakai di mana pun," jelas dia.

"Dulu itu kita ingat Prius dan Camry, baterainya itu kalau sekali ganti bisa Rp 60 juta. Kalau dulu ganti cell (baterai) juga susah," tambahnya.

Salah satu keunggulan Innova Hybrid Zenix ialah konsumsi BBM yang lebih irit. Soal konsumsi bahan bakarnya, Toyota juga mengklaim Innova Zenix Hybrid lebih irit dibanding mesin diesel sebelumnya. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan konsumsi bahan bakar Kijang Innova Zenix Hybrid bisa di atas 20 km/liter.

"Soal fuel consumption, jadi fuel consumption mobil diesel yang lama itu kira-kira 1 liter banding 14 km. Yang baru, bahkan yang bensinnya saja sudah 1 liter banding 15 km sekian. Apalagi yang hybrid 1 liter banding 21 km. Jadi dari sisi keiritan, baik bensin maupun hybrid lebih irit dibandingkan yang diesel," kata Anton.

Diketahui Innova Zenix Hybrid dijejali mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS yang menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Menariknya, ketika melaju kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.



Motor listrik yang compact juga dikembangkan komponen di dalamnya untuk meningkatkan power output. Termasuk, downsized transaxle sebagai penyalur tenaga ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi.

Baterai Innova Hybrid Zenix menggunakan baterai Ni-MH dengan kapasitas 1,31 kWh dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT