Bedanya Enggak Sampai Rp 5 Juta, Pilih Honda WR-V Termahal atau BR-V E CVT?

ADVERTISEMENT

Bedanya Enggak Sampai Rp 5 Juta, Pilih Honda WR-V Termahal atau BR-V E CVT?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 25 Nov 2022 08:43 WIB
PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan SUV kecil terbarunya bernama Honda WR-V. Yuk, lihat lebih dekat foto-fotonya.
Honda WR-V. (Foto: Kenny Gida)
Jakarta -

Harga Honda WR-V tipe tertinggi dan BR-V E CVT tidak terlampau jauh. Honda WR-V paling mahal dibanderol Rp 309,9 juta sementara BR-V E CVT dipatok lebih murah yakni Rp 305,3 juta. Lalu kalau disuruh memilih dengan selisih Rp 4,6 juta, kamu mau yang mana?

Berikut ini komparasi Honda WR-V dengan BR-V CVT

Dimensi

Secara kapasitas penumpang, Honda BR-V bisa menampung hingga tujuh orang di dalamnya. BR-V E CVT memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm. Sementara Honda WR-V punya panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm. Dengan dimensi segitu, Honda WR-V hanya mampu mengangkut maksimal lima orang.

Honda BR-VHonda BR-V, Foto: Honda Prospect Motor

Honda WR-V meluncur di Jakarta hari ini, Rabu (2/11)Honda WR-V meluncur di Jakarta hari ini, Rabu (2/11) Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Eksterior

Sebagai varian tinggi, Honda WR-V RS Type with Honda Sensing tentu sudah dilengkapi dengan berbagai fitur jempolan. Misalnya di eksterior, Honda menyematkan lampu depan LED yang dipasang dengan lampu LED DRL. Untuk lampu seinnya mengusung sistem sequential LED. Lampu kabutnya juga sudah LED, serta spion dengan LED yang bisa dilipat secara otomatis. Terdapat pula kamera parkir belakang dengan multi-angle view untuk membantu pengendara ketika parkir. Velg WR-V juga sudah mengusung two-tone alloy berukuran 17 inchi.

Di BR-V E CVT fiturnya tidak berbeda jauh. Terdapat juga lampu depan LED dan DRL LED, tombol untuk melipat spion samping, Smart Entry System, dan juga kamera parkir belakang. Ukuran ban Honda BR-V E CVT lebih kecil yaitu berukuran 16 inchi dengan velg Alloy.

Interior

Masuk ke dalam mobil, pengendara akan menikmati beberapa fitur seperti sistem hiburan layar sentuh berukuran 7 inchi, telepon hands-free, perintah suara, koneksi Smartphone dam juga telah terintegrasi dengan Honda LaneWatch. Ada juga 6 speaker terpasang di beberapa titik. Pengaturan AC bisa dilakukan secara otomatis, kemudian joknya mengusung material kulit-fabric.

Interior BR-V pun dilengkapi beberapa fitur serupa. Hanya fungsinya tidak sebanyak pada WR-V tertinggi. Misalnya sistem layar sentuh berukuran 7 inchi pada BR-V E CVT belum terintegrasi dengan Honda LaneWatch. Untuk AC bisa diatur dengan cara digital. Material joknya juga menggunakan fabric.

Mesin

Keduanya sama-sama mengusung mesin 1.5 L DOHC 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC+DBW PGM-FI. Mesin itu di BR-V maupun WR-V bisa menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada torsi 4.300 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT.

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan SUV kecil terbarunya bernama Honda WR-V. Yuk, lihat lebih dekat foto-fotonya.WR-V dan BR-V menggunakan mesin yang sama. Foto: Kenny Gida

Fitur Keselamatan

Kalau bicara fitur keselamatan, Honda WR-V tipe tertinggi mungkin lebih unggul dengan keberadaan Honda Sensing. Honda Sensing di WR-V itu meliputi Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Lead Car Departure Notification System, dan Auto High-Beam.

Selain Honda Sensing, ada juga beberapa fitur keselamatan lain yang disematkan yaitu 6 airbag, ABS, EBD, dan BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Emergency Stop Signal, Brake Override System, hingga Isofix dan Tether. Sementara dari sistem keamanan, Honda menyematkan Immobilizer, Alarm System, Auto Lock System by Speed, sampai Keyless Entry.

Bagaimana dengan BR-V? BR-V E CVT memiliki 4 airbag namun tidak seperti WR-V belum terdapat Honda Sensing. Namun beberapa fitur keselamatan yang ada pada WR-V juga tersemat pada BR-V yakni ABS, EBD, BA, VSA, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Isofix dan Tether, serta Parking Sensor.

Sistem keamanannya juga tidak jauh berbeda seperti Walk-Away Auto Lock, Immobilizer, dan Alarm System. Sementara Auto Lock System by Speed belum tersedia pada BR-V E CVT.

Itu tadi sejumlah perbedaan fitur pada Honda WR-V termahal dan BR-V E CVT. Kalau kamu cari yang kapasitasnya lebih besar, Honda BR-V bisa jadi pilihannya. Tapi bila yang dicari mobil mungil dengan fitur lebih lengkap, Honda WR-V bisa dilirik.



Simak Video "Tak Pakai Mesin Turbo, Honda WR-V Ternyata Bisa Diisi Pertalite!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT